Jumat, 26/04/2024 - 02:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Mantan PM Inggris Boris Johnson Mendadak Kunjungi Ukraina, Ada Apa?

ADVERTISEMENTS

Johnson mengunjungi Borodyanka dan Bucha, di pinggiran ibu kota Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 KIEV — Mantan perdana menteri Inggris Boris Johnson pada Ahad (22/1/2023) mengunjungi Ukraina dalam sebuah perjalanan kejutan. Johnson bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy dan berjanji bahwa Inggris akan terus memberikan dukungan kepada Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Selama kunjungan itu, Johnson mengunjungi Borodyanka dan Bucha, di pinggiran ibu kota Ukraina. Kedua wilayah ini menjadi sorotan ketika pasukan Rusia melaju menuju Kiev pada fase pertama invasi sebelum dipukul mundur.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Saya dapat memberi tahu Anda bahwa Inggris akan tetap bersama Ukraina selama diperlukan,” kata Johnson kepada walikota Bucha.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
'Penyalur Dana' ke Hamas Ditemukan Tewas Penuh Tembakan di Kaki dan Penuh Uang di Badannya

“Anda akan menang dan Anda akan mengeluarkan semua orang Rusia dari negara Anda, dan kami akan berada di sana untuk jangka panjang. Kami juga ingin membantu Anda merekonstruksi,” kata Johnson yang berbicara melalui seorang penerjemah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Johnson menepis anggapan bahwa aktivitasnya di Ukraina dapat dianggap melemahkan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Saat masih menjabat, Johnson mengunjungi Kiev beberapa kali dan sering menelepon Zelenskyy.

Di Bucha, Johnson berswafoto dengan penduduk dan meletakkan bunga sebagai penghormatan kepada para korban perang.  Dia mengunjungi sebuah gereja untuk melihat pameran dan menandatangani bukunya tentang Winston Churchill edisi Ukraina untuk seorang pendeta.

Berita Lainnya:
Zelenskyy Berterima Kasih DPR AS Sahkan Bantuan untuk Ukraina

Di Borodyanka, Johnson menyusuri jalan-jalan dengan reruntuhan blok perumahan. Gubernur daerah Kiev Oleksiy Kuleba mengatakan bahwa 162 penduduk tewas dalam pendudukan oleh Rusia yang berlangsung selama satu bulan. Kuleba mengatakan, sekitar 60 persen warga telah kembali.

Di Kiev, Johnson secara pribadi disambut oleh Zelenskyy dan sederet pejabat tinggi termasuk menteri luar negeri dan kepala kantor kepresidenan yang berjejer di halaman dekat administrasi kepresidenan di jantung kota. Pekan lalu Inggris mengatakan akan memasok Ukraina dengan 14 tank Challenger 2, dan persenjataan berat lainnya.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi