IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Produk Kartu Kredit Syariah Kian Diminati di UEA

Produk Kartu Kredit Syariah Kian Diminati di UEA

Tingkat suku bunga yang lebih tinggi turut menentukan permintaan pembiayaan

JAKARTA — Minat konsumen terhadap instrumen pembiayaan termasuk kartu kredit dan pinjaman syariah mengalami peningkatan di Uni Emirat Arab (UEA) selama kuartal akhir 2022. Survei Bank sentral UEA menyebutkan, pertumbuhan permintaan pinjaman pribadi tercatat di sebagian besar kategori, kecuali untuk non-investasi perumahan.

Survei mengungkapkan permintaan kredit terus tumbuh di sektor korporasi. “Faktor-faktor seperti penjualan pelanggan, investasi aset tetap, prospek pasar ekonomi, keuangan dan perumahan, dan perubahan pendapatan terus memainkan peran kunci dalam menentukan permintaan kredit,” menurut survei tersebut dilansir Gulf News, Ahad (22/1/2023).

Survei menunjukkan, selera konsumen untuk pembiayaan mengalami pertumbuhan pada kuartal IV 2022 di tengah tren pertumbuhan yang melambat sejak pertengahan 2022. Bank dan perusahaan pembiayaan berharap penyaluran pembiayaan tetap kuat terutama untuk segmen pinjaman pribadi pada kuartal selanjutnya.

“Peningkatan permintaan pinjaman berasal dari pertumbuhan moderat di semua emirat selama kuartal tersebut, paling signifikan di Dubai,” kata laporan tersebut.

BACAAN LAIN:
Pelindo Siapkan Pengapalan Langsung dari Belawan ke India

Menurut survei, tingginya minat terhadap instrumen kredit disebabkan adanya efek positif dari prospek perumahan dan pasar keuangan yang membaik serta perubahan pendapatan yang lebih besar. Di sisi lain, tingkat suku bunga yang lebih tinggi turut menentukan permintaan pembiayaan selama tiga bulan terakhir.

BACAAN LAIN:
Menteri ESDM: Pemerintah Terus Upayakan Peningkatan Produksi Migas

Sementara faktor utama yang menyebabkan perubahan minat bank dan multiguna untuk menyalurkan pinjaman pribadi pada kuartal IV 2022 adalah kualitas portofolio aset bank, perbedaan kelayakan pembiayaan calon debitur dan toleransi risiko, dan prospek ekonomi secara keseluruhan.

Dalam hal pinjaman kepada korporasi dan usaha kecil, data bulan Desember 2022 menyoroti peningkatan yang kuat dalam permintaan pinjaman bisnis, dengan pertumbuhan yang solid di seluruh emirat.

“Permintaan pinjaman untuk manufaktur, pengembangan properti, konstruksi, transportasi, penyimpanan dan komunikasi juga relatif kuat,” tambahnya.

Sumber: Republika

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Produk Kartu Kredit Syariah Kian Diminati di UEA
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!