IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

BRI Catat Holding Ultramikro Integrasikan 34 Juta Nasabah

BRI Catat Holding Ultramikro Integrasikan 34 Juta Nasabah

Nasabah holding ultramikro terbanyak berasal dari BRI, PNM dan Pegadaian

 JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatat holding ultramikro (UMi) saat ini telah berhasil mengintegrasikan 34 juta nasabah dari target 50 juta nasabah yang akan dicapai.

Direktur Utama BRI Sunarso menyebutkan total nasabah tersebut meliputi nasabah mikro BRI sebanyak 14 juta, nasabah mikro PT Pegadaian (Persero) sebanyak 6,8 juta, serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM sebanyak 13,2 juta.

“Untuk PNM terutama nasabahnya itu ada di program PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar),” ungkap Sunarso dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dipantau secara virtual di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Ia menuturkan terdapat banyak masalah yang harus ditangani oleh holding UMi saat ini, namun terhalang oleh biaya operasional hingga biaya lainnya yang tinggi. Maka dari itu, holding UMi kini terus melakukan beberapa langkah seperti mendigitalkan nasabah untuk menekan biaya operasional, dimana saat ini tanda-tandanya sudah mulai kelihatan.

BACAAN LAIN:
Ikappi: Bulog Lebih Baik Evaluasi Diri Ketimbang Sibuk Salahkan Mafia

Langkah selanjutnya adalah bantuan untuk memberikan dana murah agar efisiensi biaya dana (Cost of Fund/CoF) menurun. Sunarso mencontohkan seperti CoF Pegadaian yang sudah menurun dari 6,2 persen menjadi 5 persen serta PNM yang turun dari 8,7 persen menjadi 7,8 persen.

“Tetapi memang untuk tingkat biaya di PNM Mekaar masih cukup tinggi karena nasabahnya yang banyak dan cenderung masih memakai cara manual seperti untuk mencairkan kredit hingga menyetorkan uang banyak yang dibawa naik motor. Ini risikonya tinggi sehingga akan kami selesaikan dengan cara kami digitalkan dan non tunaikan,” ucap dia.

BACAAN LAIN:
ASEAN Diajak Perkuat Kolaborasi Bangkitkan Ekonomi Melalui Pariwisata

Maka dari itu, dia menyebutkan perlu adanya literasi keuangan untuk mengatasi kondisi tersebut agar para nasabah bisa membuka rekening dan melakukan transaksi secara digital. Namun, transaksi digital tersebut harus dibarengi dengan literasi digital agar nasabah terhindar dari “begal digital” sehingga holding UMi menurunkan penyuluh digital yang memberikan hasil signifikan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
BRI Catat Holding Ultramikro Integrasikan 34 Juta Nasabah
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!