Rabu, 24/04/2024 - 01:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KPK Ingatkan Lukas Enembe Agar Kooperatif Saat Pemeriksaan

ADVERTISEMENTS

Lukas Enembe dilaporkan masih memilih bungkam dalam pemeriksaan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe agar bersikap kooperatif saat menjalani proses pemeriksaan. Sebab, jika Lukas terus menghindar saat akan dimintai keterangan, maka ia akan kehilangan kesempatan untuk membela diri dari dugaan penerimaan suap dan gratifikasi yang kini menjeratnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Kalau kemudian terus menghindar dari proses pemeriksaan oleh KPK, tentu hak-haknya pun juga kemudian tidak diperolehnya,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ali mengatakan, pihaknya tetap bisa melakukan pemberkasan kasus ini untuk dibawa ke sidang, meski Lukas terus bungkam saat pemeriksaan. Sebab, jelas dia, KPK dapat mencari bukti-bukti lainnya lewat keterangan saksi maupun penggeledahan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Maruarar Sirait Usul Jokowi Jadi Penasihat Khusus Prabowo-Gibran

“KPK kemudian kan sekali lagi memberikan ruang yang sama kepada tersangka dan penasehat hukumnya untuk melakukan pembelaan secara proporsional dalam koridor hukum,” jelas Ali.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Bahkan kemudian kami silakan juga untuk membuktikan sebaliknya dari apa yang kemudian kami tersangkakan,” tambahnya menjelaskan.

Lukas adalah tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi pengerjaan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Papua. Dia diduga menerima uang dari Direktur PT Tabi Bangun Papua, Rijatono Lakka agar perusahaannya mendapatkan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Papua. Padahal perusahaan milik Rijatono tidak memiliki pengalaman dalam bidang konstruksi lantaran sebelumnya bergerak pada bidang farmasi.

Berita Lainnya:
Sandiaga Dukung Pungli di Masjid Al Jabbar Diberantas, Sarankan Sistem Parkir Digital

Selain Lukas, Rijatono juga diduga menemui sejumlah pejabat di Pemprov Papua terkait proyek tersebut. Mereka diduga melakukan kesepakatan berupa pemberian fee sebesar 14 persen dari nilai kontrak setelah dikurangi nilai PPh dan PPN.

Setelah terpilih untuk mengerjakan sejumlah proyek, Rijatono diduga menyerahkan uang kepada Lukas Enembe dengan jumlah sekitar Rp 1 miliar. Di samping itu, Lukas Enembe juga diduga telah menerima pemberian lain sebagai gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya hingga jumlahnya miliaran rupiah. KPK pun sedang mendalami dugaan ini.

 

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi