Jumat, 19/04/2024 - 15:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Misi Dagang Arab Saudi, Kemendag Kantongi Delapan Kontrak Senilai Rp 2,3 T

ADVERTISEMENTS

Diharapkan kerja sama ini berlanjut dengan transaksi dagang yang semakin besar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JEDDAH — Misi dagang Indonesia ke Arab Saudi mencatat kontrak dagang ekspor senilai 155,7 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,3 triliun. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, mengharapkan para pelaku usaha dari Indonesia yang meneken kontrak itu bakal mengekspor sejumlah produk makanan olahan dan komoditas.  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sebanyak delapan kerja sama ditandatangani antara pelaku usaha Indonesia dengan lima pelaku usaha Arab Saudi di Kantor Federation Saudi Chamber di Jeddah, Arab Saudi pada Senin (23/1/2023).

ADVERTISEMENTS

“Saya menyambut baik penandatanganan kontrak dagang, perjanjian kerja sama, dan MoU antara pelaku usaha Indonesia dengan Arab Saudi. Diharapkan kerja sama ini akan terus berlanjut dengan transaksi dagang yang semakin besar dan dengan komoditas yang semakin banyak jenisnya,” kata Zulkifli dalam keterangan resminya, Selasa (24/1/2023).

Berita Lainnya:
Jalur Pantura Demak Ditutup Karena Banjir, Ini Rute Alternatifnya

Zulkifli mengungkapkan, pada penandatanganan kerja sama tersebut, pelaku usaha Indonesia akan mengekspor sejumlah komoditas ke Arab Saudi berupa bahan pangan. Terdiri dari RBD palm olein, minyak goreng, produk ikan dan olahannya, daging, sayuran, dan olahannya, buah-buahan, kakao, beras, rempah-rempah, mi telur, dan arang.

Adapun, dari delapan kerja sama tersebut, terdapat dua perjanjian yang dikhususkan untuk pemenuhan kebutuhan jamaah haji dan umrah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“MoU khusus untuk pemenuhan kebutuhan jamaah haji ditujukan untuk komoditas ikan dan olahannya dalam berbagai kemasan, serta daging dan sayuran dalam berbagai jenis kemasan,” jelasnya.

Berita Lainnya:
Zulhas: Lebaran Momen Perkuat Kebersamaan dan Persatuan

Ia menjamin perwakilan perdagangan Indonesia di Arab Saudi akan selalu siap membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan ekspornya.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menuturkan, Kemendag akan terus berupaya meningkatkan ekspor dan total nilai perdagangan khususnya ke negara mitra dagang strategis dan nontradisional.

“Peluang ekspor Indonesia ke Arab Saudi masih sangat terbuka lebar. Untuk itu, kami mengajak para pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan optimal sehingga ekspor Indonesia ke Arab Saudi semakin meningkat,” jelas Didi.

 

Sementara itu, Atase Perdagangan Riyadh Gunawan menambahkan, momen ini diharapkan dapat membuka peluang bagi produk non migas Indonesia untuk semakin dikenal oleh masyarakat Arab Saudi. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi