IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Arab Saudi Kutuk Perobekan Alquran oleh Ekstremis Belanda

Arab Saudi Kutuk Perobekan Alquran oleh Ekstremis Belanda

Perobekan Alquran merupakan langkah provokatif terhadap perasaan jutaan umat Islam.

 JEDDAH — Kerajaan Arab Saudi mengutuk dan mengecam keras politikus Belanda yang merobek salinan Alquran di Den Haag. Menurutnya, aksi yang dilakukan politikus sayap kanan itu sebuah bentuk provokasi kepada jutaan umat Islam di seluruh dunia.

 

“Langkah ekstremis tersebut merupakan langkah provokatif terhadap perasaan jutaan umat Islam di seluruh dunia,” kata pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (25/1/2023).

 

BACAAN LAIN:
Gerakan Ekonomi Satu Abad NU, Nahdlatut Tujjar Fest Resmi Dibuka

Kementerian menegaskan posisi tegas Kerajaan dalam menyebarkan nilai-nilai dialog, toleransi dan koeksistensi, serta menolak alasan apapun penyebab kebencian dan ekstremisme. 

 

Pernyataan itu muncul setelah Edwin Wagensveld, seorang politikus sayap kanan Belanda dan pemimpin kelompok Islamofobia Pegida, pada Ahad (22/1/2024) merobek beberapa halaman dari salinan Alquran di depan Parlemen Den Haag. Video Wagensveld yang diunggahnya di Twitter juga menunjukkan dia membakar robekan halaman-halaman kitab suci itu di dalam panci.

BACAAN LAIN:
Gedung Putih Mengutuk Keras Pengeboman Masjid di Pakistan

 

Ini merupakan aksi tiruan dari pembakaran salinan Alquran seperti yang terjadi di Swedia. Seorang politisi Swedia bernama Rasmus Paludan dari partai Stram Kurs, membakar salinan Alquran di tengah protes di luar Kedutaan Besar Turki di Stockholm. 

 

Kedua aksi ini mendapatkan kecaman dari negara-negara Islam dan meminta pemimpin negara untuk menindak pelaku agar mempertanggungjawabkan aksinya. Serta agar tidak ada peristiwa serupa di kemudian hari, yang berlindung dengan mengatasnamakan kebebasan berpendapat. 

 

Sumber: Republika

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Arab Saudi Kutuk Perobekan Alquran oleh Ekstremis Belanda
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!