Sabtu, 20/04/2024 - 03:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Dilantik Jadi PM Selandia Baru, Chris Hipkins Fokus Atasi Inflasi

ADVERTISEMENTS

Inflasi tahunan Selandia Baru mencapai 7,2 persen pada kuartal keempat 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 WELLINGTON — Chris Hipkins pada Rabu (25/1/2023) secara resmi dilantik menjadi perdana menteri Selandia Baru, menggantikan Jacinda Ardern. Dalam konferensi pers setelah rapat kabinet pertama Hipkins sebagai perdana menteri, dia menekankan, pemerintahannya akan fokus untuk mengatasi inflasi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Hipkins berbicara setelah data dirilis menunjukkan inflasi tahunan Selandia Baru mencapai 7,2 persen pada kuartal keempat. Angka ini di bawah perkiraan bank sentral yaitu sebesar 7,5 persen.

ADVERTISEMENTS

“Warga Selandia Baru benar-benar akan melihat dalam beberapa minggu dan bulan mendatang bahwa biaya hidup adalah inti dari program kerja kami. Ini adalah prioritas nomor satu yang kami hadapi sebagai pemerintah dan mereka akan melihat bukti nyata dari itu,” ujar Hipkins, dilaporkan Aljazirah, Rabu (25/1/2023).

Berita Lainnya:
Menteri Palestina: Pasukan Israel Sengaja Targetkan Perempuan dan Anak-Anak

Sebelumnya selama dua tahun terakhir, pemerintahan Ardern berupaya untuk memperbaiki perekonomian pascapandemi Covid-19 dan pengaruh perang Rusia-Ukraina. Namun upaya pemerintahan Ardern terhalang oleh melonjaknya inflasi dan resesi. 

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Hipkins dikenal banyak orang dengan nama panggilan “Chippy”. Nama panggilan ini sesuai dengan sikap dan keterampilannya yang ceria. Hipkins menggambarkan dirinya sebagai “orang Kiwi biasa” dari latar belakang kelas pekerja yang menyukai roti sosis dan bersepeda ke tempat kerja.

Berita Lainnya:
Tanpa Veto AS, Resolusi Gencatan Senjata pun Kini Terwujud

Di bawah kepemimpinan Ardern, Hipkins menjabat sebagai menteri pendidikan dan kepolisian. Hipkins yang merupakan pemimpin Partai Buruh menjadi terkenal di hadapan publik selama pandemi Covid-19, ketika dia bertugas untuk mengatasi manajemen krisis.

Jajak pendapat 1News-Kantar yang dirilis pada Desember 2022 menunjukkan dukungan Partai Buruh turun menjadi 33 persen dari 40 persen pada awal tahun. Dengan demikian, Partai Buruh tidak akan dapat menjadi mayoritas bahkan dengan mitra koalisi tradisional Partai Hijau sebesar 9 persen. Sementara Partai Nasional yang konservatif mendapat keuntungan dari penurunan Partai Buruh.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi