IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Sulawesi Tenggara akan Jadi Tuan Rumah Pekan Tilawatil Quran ke-53 

Sulawesi Tenggara akan Jadi Tuan Rumah Pekan Tilawatil Quran ke-53 

Agenda tahunan Pekan Tilawatil Quran akan digelar pada awal April 2023

 JAKARTA – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) siap menggelar kembali Pekan Tilawatul Quran (PTQ) ke-53 di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 1-6 April 2023. 

Lomba baca Alquran tingkat nasional ini mengangkat tema “Toleransi dan Kolaborasi untuk Indonesia Kuat”.  

Dirut Direktur Utama LPP RRI, Hendrasmo, menjelaskan  tema ini diangkat atas usulan pihak-pihak yang bekerjasama dalam penyelenggaraan PTQ ke-53, yaitu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kementerian Agama. Dengan mengangkat tema ini, pihaknya ingin menunjukkan bahwa Indonesia akan kuat jika rakyatnya bisa terus bertoleransi dan berkolaborasi. 

“Awalnya tema yang diusulkan Pemprov Sulawesi Tenggara adalah toleran dan tema kerukunan  diusulkan Kemenag. Jadinya akhirnya toleransi dan kolaborasi untuk Indonesia kuat. Jadi endingnya kita ingin Indonesia kuat,” ujar Hendrasmoro dalam acara Penandatanganan MoU antara LPP RRI bersama Gubernur Sulawesi Tenggara di Gedung RRI, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023). 

BACAAN LAIN:
Bahaya Bergaya Sombong dalam Pandangan Islam

 

Dalam sambutannya, Hendrasmoro menjelaskan, PTQ diselenggarakan RRI setiap tahun di berbagai provinsi di Indonesia, khususnya pada Ramadhan. 

Pada 2022 lalu, PTQ RRI ke-52 sukses diselenggarakan di Provinsi Aceh. Dengan penyelenggaraan PTQ tahun ini, dia pun berharap umat Islam bisa mengimplementasikan nilai-nilai Alquran.  

“Kami juga berharap dengan penyelenggaraan ini masyarakat Indonesia dapat mengimplementasikan nilai-nilai suci Alquran,” ucap Hendrasmoro. 

PTQ RRI pertama kali diselenggarakan pada 1968 di Masjid Raya Makassar. Hingga saat ini RRI secara konsisten terus menyelenggarakan PTQ setiap tahunnya, kecuali 2020 karena adanya pandemi Covid-19. 

BACAAN LAIN:
Abad Kedua, Abad Perekonomian NU

Di acara yang sama, Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menjelaskan bahwa penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) telah menjadi bagian dari program pemerintah di bidang keagamaaan. Menurut dia, MTQ sangat penting sebagai syiar dan pembinaan keagamaan.  

“Mengingat pentingnya MTQ sebagai syiar dan pembinaan keagamaan, maka MTQ sekarang sudah dilaksanakanan oleh berbagai lembaga termasuk oleh LPP RRI,” kata Ali Mazi. 

Dia pun yakin PTQ RRI akan menjadi bagian penting dalam penanaman nilai-nilai Alquran, sehingga umat Islam di Indonesia senantiasa berada di jalan yang lurus, hidup rukun, dan saling menghargai. 

Sebagai tuan rumah, dia pun berkomitmen untuk menyiapkan penyelenggaraan PTQ RRI ke-53 di Kendari secara maksimal.  

“Insya Allah kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menyemarakkan dan menyukseskan PTQ RRI,” jelas Ali Mazi.        

Sumber: Republika

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Sulawesi Tenggara akan Jadi Tuan Rumah Pekan Tilawatil Quran ke-53 
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!