Sabtu, 20/04/2024 - 12:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Sulawesi Tenggara akan Jadi Tuan Rumah Pekan Tilawatil Quran ke-53 

ADVERTISEMENTS

Agenda tahunan Pekan Tilawatil Quran akan digelar pada awal April 2023

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) siap menggelar kembali Pekan Tilawatul Quran (PTQ) ke-53 di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 1-6 April 2023. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Lomba baca Alquran tingkat nasional ini mengangkat tema “Toleransi dan Kolaborasi untuk Indonesia Kuat”.  

ADVERTISEMENTS

Dirut Direktur Utama LPP RRI, Hendrasmo, menjelaskan  tema ini diangkat atas usulan pihak-pihak yang bekerjasama dalam penyelenggaraan PTQ ke-53, yaitu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kementerian Agama. Dengan mengangkat tema ini, pihaknya ingin menunjukkan bahwa Indonesia akan kuat jika rakyatnya bisa terus bertoleransi dan berkolaborasi. 

“Awalnya tema yang diusulkan Pemprov Sulawesi Tenggara adalah toleran dan tema kerukunan  diusulkan Kemenag. Jadinya akhirnya toleransi dan kolaborasi untuk Indonesia kuat. Jadi endingnya kita ingin Indonesia kuat,” ujar Hendrasmoro dalam acara Penandatanganan MoU antara LPP RRI bersama Gubernur Sulawesi Tenggara di Gedung RRI, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023). 

Berita Lainnya:
Kejari dan IAD Banda Aceh Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dalam sambutannya, Hendrasmoro menjelaskan, PTQ diselenggarakan RRI setiap tahun di berbagai provinsi di Indonesia, khususnya pada Ramadhan. 

Pada 2022 lalu, PTQ RRI ke-52 sukses diselenggarakan di Provinsi Aceh. Dengan penyelenggaraan PTQ tahun ini, dia pun berharap umat Islam bisa mengimplementasikan nilai-nilai Alquran.  

“Kami juga berharap dengan penyelenggaraan ini masyarakat Indonesia dapat mengimplementasikan nilai-nilai suci Alquran,” ucap Hendrasmoro. 

PTQ RRI pertama kali diselenggarakan pada 1968 di Masjid Raya Makassar. Hingga saat ini RRI secara konsisten terus menyelenggarakan PTQ setiap tahunnya, kecuali 2020 karena adanya pandemi Covid-19. 

Di acara yang sama, Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menjelaskan bahwa penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) telah menjadi bagian dari program pemerintah di bidang keagamaaan. Menurut dia, MTQ sangat penting sebagai syiar dan pembinaan keagamaan.  

Berita Lainnya:
Cair, Pemprov Bengkulu Anggarkan Rp 6,1 M untuk Rumah Ibadah

“Mengingat pentingnya MTQ sebagai syiar dan pembinaan keagamaan, maka MTQ sekarang sudah dilaksanakanan oleh berbagai lembaga termasuk oleh LPP RRI,” kata Ali Mazi. 

Dia pun yakin PTQ RRI akan menjadi bagian penting dalam penanaman nilai-nilai Alquran, sehingga umat Islam di Indonesia senantiasa berada di jalan yang lurus, hidup rukun, dan saling menghargai. 

Sebagai tuan rumah, dia pun berkomitmen untuk menyiapkan penyelenggaraan PTQ RRI ke-53 di Kendari secara maksimal.  

“Insya Allah kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menyemarakkan dan menyukseskan PTQ RRI,” jelas Ali Mazi.        

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi