Sabtu, 20/04/2024 - 05:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Anggota Kongres AS, Rashida Tlaib Kibarkan Bendera Palestina di Depan Kantornya

ADVERTISEMENTS

Rashida Tlaib protes terhadap larangan Israel kibarkan bendera Palestina

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 WASHINGTON–Sebuah bendera Palestina dikibarkan di gedung Dewan Rayburn House Office oleh salah seorang anggota kongres, Rashida Tlaib. Dia juga adalah Muslimah Palestina pertama yang menjadi anggota Kongres Amerika Serikat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Warga Palestina mungkin dilarang mengibarkan bendera mereka di bawah pemerintahan apartheid, tapi kami masih bisa melakukannya dengan bangga di kantor saya,” tulis Tlaib di Twitter dilansir dari The New Arab, Kamis (26/1/2023).

ADVERTISEMENTS

“Saya bangga menjadi orang Amerika Palestina dan saya ingin rakyat Palestina tahu bahwa tidak semua orang Amerika mendukung apartheid. Tidak ada yang bisa menghapus keberadaan kami,”tambahnya.

Langkahnya dilakukan di tengah larangan pemerintah Israel baru-baru ini terhadap bendera Palestina, yang juga telah ditanggapi dengan berbagai bentuk perlawanan oleh seniman dan aktivis.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

fnMw8rlitF0

Seperti diketahui, awal bulan ini, Menteri Keamanan Nasional Israel ultranasionalis sayap kanan Itamar Ben-Gvir memerintahkan bendera Palestina diturunkan di tempat umum, menggambarkannya sebagai simbol teroris.

Langkah Tlaib juga tampaknya merupakan respons terhadap kebijakan Amerika Serikat terhadap Israel, yang semakin diawasi dengan pemilihan pemerintah sayap kanan Israel baru-baru ini, dengan para pemimpin yang secara terbuka membuat pernyataan yang meremehkan wanita, komunitas LGBTQ+, dan Palestina.

Berita Lainnya:
Israel Diserang, AS Bakal Ikut Balas Iran?

Amerika Serikat tampaknya mengambil kebijakan ‘tunggu dan lihat’ terhadap pemerintahan baru Israel yang xenofobik dan ekstremis, yang membuat cemas banyak orang, terutama mereka yang berasal dari komunitas yang terpinggirkan.

Tidak butuh waktu lama bagi foto bendera Tlaib untuk menimbulkan reaksi keras dari kedua belah pihak yang memisahkan Israel-Palestina. Banyak orang Israel dan pendukung Israel menyatakan bahwa bendera Israel lebih dibatasi daripada bendera Palestina di wilayah pendudukan.

Florian Seroussi, seorang investor, mentweet di Tlaib, “Bendera Israel dan Amerika dibakar di Gaza hari demi hari. Apa yang Anda katakan tentang itu selama bertahun-tahun? Tiba-tiba sebuah bendera berarti bagi Anda?,” katanya.

Banyak orang Arab dan sekutu Palestina di seluruh dunia dan di Amerika Serikat men-tweet solidaritas mereka untuk Tlaib, dengan beberapa membagikan bendera Palestina mereka sendiri di depan rumah mereka dan emoji di tweet mereka. 

Mohammed Abdullah, seorang siswa di Gaza men-tweet, “Terima kasih banyak atas dukungan Anda yang berkelanjutan untuk perjuangan Palestina. Kami bangga dengan Anda.” Ini diikuti emoji bendera Palestina.

Berita Lainnya:
Antisipasi Iran Balas Serangan, Pasukan AS dan Israel Disiagakan

Berbagi gambar bendera Palestina di depan rumahnya, Randall Heyn-Lamb, seorang perawat di California, men-tweet, “Bendera Palestina berkibar sebagai solidaritas dari rumah kami di distrik @RepJudyChu.”

Brian Merlen, mantan kandidat kongres dari Connecticut, mentweet padanya, “Saya berharap pemerintah kita akan berbuat lebih banyak untuk membantu rakyat Palestina. Kerabat saya menembakkan senjata melawan blokade selama pembuatannya. Saya mengerti bahwa kami kehilangan separuh keluarga saya karena WW2 termasuk kematian kamp konsentrasi yang mengerikan, tetapi tidak pernah masuk akal untuk menciptakan kembali kengerian seperti itu pada orang lain.”

Tlaib bukanlah anggota kongres pertama yang memasang bendera (selain bendera negara bagian Amerika Serikat dan perwakilan) di luar kantornya. Beberapa anggota memasang bendera kebanggaan pelangi di depan pintu mereka. 

Pada 2021, mantan anggota Kongres Marie Newman, untuk menghormati putrinya yang trans, memasang bendera trans di depan kantornya setelah tetangganya, Perwakilan Marjorie Taylor Greene, membuat komentar anti-trans.

Juga pada 2021, seorang anggota kongres Republik yang masuk, yang kantornya berada di ujung lorong dari Tlaib, mengatakan dia akan memasang bendera Israel di depan pintunya, yang ditolak Tlaib sebagai aksi publisitas.    

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi