Jumat, 19/04/2024 - 19:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pilih D3 atau S1? Jangan Bingung, Ini Dia Keunggulan Keduanya

ADVERTISEMENTS

Keunggulan sarjana atau S1 lebih banyak teori sementara D3 hampir 70 persen praktik

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Calon mahasiswa seringkali dibingungkan dengan pilihan adanya D3 atau S1, apalagi kedua pilihan ini akan menentukan karier di masa depan. D3 atau Diploma 3 merupakan program vokasi yang memfokuskan mahasiswanya pada praktek kerja sesuai dengan bidang keahlian studinya. Sehingga, lulusan D3 lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Lalu bagaimana dengan S1 atau Sarjana? Jenjang pendidikan Sarjana lebih banyak mengutamakan teori ketimbang praktik, secara umum presentasenya sekitar 60 persen teori dan 40 persen praktik.

ADVERTISEMENTS

Bila, bingung memilih jurusan D3 atau S1, tenang saja, keuntungan kuliah D3 atau S1 telah dirangkum dari berbagai sumber, agar calon mahasiswa tidak bingung lagi memilih kuliah. Berikut keunggulan masing-masing dari D3 atau S1: 

Program D3 (Diploma)

fnMw8rlitF0

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Bagi calon mahasiswa yang memiliki tujuan ingin langsung bekerja setelah lulus kuliah, pilihan Diploma menjadi jawabannya. Kenapa? Diploma memiliki waktu pendidikan yang lebih singkat ketimbang sarjana, sehingga Diploma lebih memfokuskan pada praktik ketimbang teori.

Berita Lainnya:
Ini Prospek Kerja Kreatif untuk Lulusan Hukum Bisnis

Kurikulum Diploma dirancang 70 persen praktik dan 30 persen teori, sehingga mahasiswa tidak hanya sekedar duduk mendengarkan dosen bercuap ria, melainkan turut andil dalam kelas praktik di laboratorium. 

Tak hanya praktik saja, mahasiswa Diploma juga diwajibkan magang di perusahaan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperolehnya saat kuliah. Hal ini yang membuat program Diploma lebih memiliki pengalaman praktik kerja. Walaupun hanya bergelar A.Md (Ahli Madya), lulusan Diploma juga memiliki peluang yang sama untuk bisa melanjutkan pendidikannya, ke jenjang S1 hingga S3. 

Program S1 (Sarjana)

Program S1 atau Sarjana merupakan impian banyak orang, bahkan beberapa orang awam menjadikan sarjana sebagai standar profil. Dengan durasi kuliah 4 tahun, program sarjana menjadi tempat yang cocok bagi calon mahasiswa yang ingin mengembangkan bakatnya dan mempelajari ilmu baru. Pendidikan Sarjana ditujukan untuk berfokus pada teori keilmuan, sehingga calon mahasiswa akan lebih banyak mendapatkan wawasan baru.

Sarjana merupakan ruang untuk mengembangkan soft skill dalam memanajemen waktu, komunikasi, berpikir kritis hingga leadership. Soft skill ini akan membantu calon mahasiswa nanti ketika siap terjun dalam kehidupan sosial dan dunia kerja. Tak hanya itu, gelar S1 atau Sarjana memberikan peluang besar dalam memperoleh pekerjaan, bahkan banyak perusahaan menjadikan S1 sebagai syarat minimal lowongan pekerjaan. 

Berita Lainnya:
Universitas BSI Pemuda Gelar Kegiatan Berbagi Sesama Insan di Panti Asuhan Rumah Harapan

Itulah beberapa keuntungan memilih kuliah D3 atau S1, sekarang saatnya memiilih kampus yang tepat untuk berkuliah. Universitas BSI (Bina sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif, telah membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) untuk periode kuliah di bulan Maret. Perkuliahan periode Maret ini akan dimulai pada 13 Maret 2023 mendatang. 

Lalu program apa saja sih yang dibuka? Pada program Sarjana (S1), Universitas BSI membuka kelas untuk jurusan Teknik Industri, Teknik Elektro, Manajemen dan Ilmu Komunikasi, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Sastra Inggris dan Rekayasa Perangkat Lunak. 

Sedangkan pada program Diploma (D3), jurusan yang dibuka adalah program studi Sistem Informasi Akuntansi, Teknologi Komputer, Bahasa Inggris, Kehumasan, Periklanan, Perhotelan, Akuntansi, Manajemen Pajak, Administrasi Bisnis & Perkantoran serta Sistem Informasi. Untuk dapat melakukan pendaftaran, calon mahasiswa dapat mengunduh aplikasi PMB UBSI di play store atau mengunjungi laman https://ubsi.pmbonline.id/.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi