Jumat, 19/04/2024 - 09:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rusia Singgung Nazi Jerman Terkait Pengiriman Tank ke Ukraina

ADVERTISEMENTS

Jerman setuju untuk mengirimkan tank Leopard ke Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 BERLIN – Pemerintah Rusia mengatakan, keputusan Jerman menyetujui pengiriman Leopard ke Ukraina berarti mengabaikan tanggung jawab historisnya terhadap Moskow yang timbul dari kejahatan Nazi dalam Perang Dunia II. Selain itu, bantuan tank untuk Kiev akan memperpanjang konflik.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Dengan persetujuan pimpinan Jerman, tank tempur dengan salib Jerman akan kembali dikirim ke ‘front timur’, yang pasti akan menyebabkan kematian tidak hanya tentara Rusia, tetapi juga penduduk sipil,” kata Duta Besar Rusia untuk Jerman Sergei Nechayev dalam sebuah pernyataan, Rabu (25/1/2023).

ADVERTISEMENTS

“Pilihan Berlin berarti penolakan terakhir Republik Federal Jerman untuk mengakui tanggung jawab historisnya kepada rakyat kami atas kejahatan Nazisme yang mengerikan dan abadi selama Perang Patriotik Hebat, dan pengabaian jalan sulit rekonsiliasi pasca-perang antara Rusia dan Jerman,” ujar Nechayev menambahkan mengacu pada Perang Dunia II.

Menurut dia, keputusan Jerman mengirim tank ke Ukraina akan menghancurkan sisa rasa saling percaya dan merusak hubungan Moskow-Berlin yang tak dapat diperbaiki. Nechayev pun ragu perbaikan atau normalisasi hubungan bisa dilakukan kedua negara pada masa mendatang.

Berita Lainnya:
Iran Serang Israel, Menlu Retno Pastikan tak Ada Korban WNI

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Selain merusak hubungan bilateral dengan Rusia, Nechayev memperingatkan bahwa pengiriman bantuan tank ke Ukraina hanya akan memperpanjang pertempuran. “Keputusan yang sangat berbahaya ini membawa konflik ke tingkat konfrontasi baru dan bertentangan dengan pernyataan politisi Jerman tentang keengganan Republik Federal Jerman untuk terlibat di dalamnya,” ujarnya.

Rusia juga sudah memperingatkan Amerika Serikat (AS) tentang rencana mereka mengirim tank tempur ke Ukraina. Rusia menilai, langkah Washington tersebut akan menjadi provokasi terang-terangan terhadap Moskow. “Jelas bahwa Washington sengaja mencoba untuk menimbulkan kekalahan strategis pada kami,” kata Duta Besar Rusia untuk AS Anatoly Antonov dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan lewat akun Telegram Kedutaan Besar Rusia untuk AS, Rabu.

“Jika AS memutuskan untuk memasok tank, maka membenarkan langkah seperti itu dengan argumen tentang ‘senjata pertahanan’ pasti tidak akan berhasil. Ini akan menjadi provokasi terang-terangan terhadap Federasi Rusia,” kata Antonov menambahkan.

AS diperkirakan akan segera mengumumkan bahwa mereka bakal mengirim tank-tank tempur ke Ukraina. Sementara itu, Polandia telah mengirim permintaan resmi kepada Jerman untuk bisa mengirim tank Leopard-2 ke Ukraina. Polandia membutuhkan persetujuan Berlin jika hendak memberikan bantuan tank Leopard-2 untuk Kiev. Tank tersebut diketahui merupakan buatan Jerman. “Jerman telah menerima permintaan izin kami untuk mengirim tank Leopard-2 ke Ukraina,” kata Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak lewat akun Twitter pribadinya, Selasa (24/1/2023).

Berita Lainnya:
Pakistan Akui Batasi Akses Media Sosial X 

Blaszczak juga mendorong Jerman bergabung dalam koalisi negara-negara yang mendukung Ukraina dengan tank Leopard-2. “Ini adalah tujuan kita bersama, karena keamanan seluruh Eropa dipertaruhkan,” ucap Blaszczak.

Sejauh ini Jerman masih menahan diri untuk memberikan persetujuan pengiriman tank Leopard ke Ukraina. Namun Berlin sempat menyatakan bahwa mereka siap bertindak cepat jika tercapai konsensus di antara koalisi negara yang hendak mengirimkan bantuan tank tersebut ke Kiev.

Sejauh ini, negara Barat yang tergabung dalam Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) masih belum mencapai kesepakatan tentang pengiriman tank tempur ke Ukraina. Kiev telah berulang kali menyatakan bahwa mereka membutuhkan tank-tank tersebut untuk melanjutkan peperangan melawan Rusia.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi