Jumat, 19/04/2024 - 00:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Uni Eropa Dorong Peningkatan Populasi Lebah

ADVERTISEMENTS

Uni Eropa juga akan memberikan penghargaan kepada pertanian organik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

BRUSSEL — Uni Eropa pada Selasa (24/1/2023) mengumumkan proposal untuk mendorong peningkatan populasi lebah dan serangga lain yang membantu penyerbukan tanaman. Uni Eropa juga akan memberikan penghargaan kepada pertanian organik.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Komisi Eropa mengatakan tinjauan terhadap Inisiatif Penyerbuk Uni Eropa 2018 menunjukkan ada kesenjangan. Selain itu, ada tantangan signifikan yang perlu diatasi dengan beberapa revisi. Proposal tersebut menyerukan untuk mempromosikan pertanian yang melindungi serangga penyerbuk, mengurangi pestisida, pemantauan populasi penyerbuk yang lebih baik, dan konservasi habitat yang lebih baik termasuk di daerah perkotaan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Parlemen Eropa Setujui Reformasi Migrasi yang Sebelumnya Ditentang

Komisi Eropa memperkirakan bahwa hewan yang membantu penyerbukan seperti lebah, lalat, ngengat, dan beberapa kumbang serta serangga lainnya menyumbang sekitar lima miliar euro per tahun untuk produksi makanan di Uni Eropa. Namun praktik pertanian intensif, pestisida, polusi, perubahan penggunaan lahan, spesies introduksi lainnya, dan perubahan iklim telah berdampak serius pada populasi mereka.

 “Serangga penyerbuk telah menurun drastis dalam beberapa dekade terakhir, dengan banyak dari mereka terancam punah,” kata pernyataan Komisi Eropa, dilaporkan Al Arabiya, Selasa (24/1/2023).

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Proposal ini dibuat untuk Parlemen Eropa dan 27 negara anggota Uni Eropa. Proposal tersebut berupaya meningkatkan serangga yang membantu penyerbukan pada akhir dekade ini. Proposal inj berfokus pada populasi lebah liar dan serangga penyerbuk lainnya karena Uni Eropa memiliki upaya lain yang ditujukan untuk mendukung peternakan lebah madu.

Berita Lainnya:
PBB: Membuat Kelaparan Secara Sistematis adalah Kejahatan Perang 

Proposal ini akan menetapkan skema subsidi pertanian Uni Eropa, yang disebut Kebijakan Pertanian Bersama, dengan memberi penghargaan kepada petani yang menerapkan metode berkelanjutan. Komisaris lingkungan UE, Virginijus Sinkevicius berharap langkah Uni Eropa  menyelamatkan populasi lebah dan serangga lainnya dapat menginspirasi tindakan serupa di seluruh dunia.

“Kasus penyerbuk, serangga kecil ini akan menentukan masa depan alam dan ketahanan pangan jangka panjang,” ujar  Sinkevicius.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi