Jumat, 19/04/2024 - 18:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Akhlak Nabi Muhammad dalam Sholat Jumat dan di Hari Jumat

ADVERTISEMENTS

Nabi Muhammad menganjurkan mengenakan pakaian paling bagus dan wewangian saat Jumat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Sebaik-baiknya akhlak adalah akhlak Rasulullah SAW maka kita sebagai umatnya dianjurkan untuk terus meneladani kebaikan-kebaikan dari baginda Nabi Muhammad SAW. Termasuk akhlak-akhlak beliau dalam kehidupan sehari-harinya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Mengutip buku Nabi Muhammad Sehari-hari karya Muhammad Ismail Al-Jawisy menyebutkan Jumat adalah hari yang mulia bagi umat Islam. Maka ketika datang Jumat, Rasulullah SAW mengawalinya dengan mandi. Beliau berkata, “Mandi jumat itu adalah suatu kewajiban atas setiap muslim. “

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Jika Allah Menghendaki Nabi Muhammad Bisa Baca Tulis, Tapi Mengapa tidak Demikian?

Pada hari Jumat juga, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk mengenakan pakaian paling bagus dan memakai wewangian. Beliau berkata, “Setiap muslim semestinya mandi pada Jumat, kemudian memakai pakaian paling bagus yang dimilikinya, serta memakai wewangian yang bisa didapatkannya.”

Di kesempatan lain beliau berkata, “Sesungguhnya hari yang paling baik bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah bershalawat atasku, karena shalawat kalian pada hari itu akan diperlihatkan kepadaku.”

Mengingat arti pentingnya Jumat, Rasulullah menyampaikan wejangan dan petunjuk tentang apa yang mesti dilakukan seorang muslim yang menjadi tata-cara dan ajaran agama menyambut hari yang mulia itu. Beliau berkata, “Tidak ada seorang pun yang mandi pada hari Jumat kemudian bersuci dan memakai wewangian, lantas keluar dan tidak memisahkan antara dua tempat duduknya, lantas ia sholat sebatas yang ditetapkan baginya, kemudian duduk dan diam, tidak berbicara ketika imam berkhutbah, terkecuali dosanya telah diampuni oleh Allah pada hari Jumat ini sampai datang Jumat yang berikutnya.”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Diam-Diam Sahabat Nabi Muhammad Ini Tahu Kapan Malam Lailatul Qadar, Kapan?

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi