Sabtu, 20/04/2024 - 07:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Kedubes Azerbaijan di Iran Diserang

ADVERTISEMENTS

Pelaku serangan menerobos pos penjaga dan membunuh kepala keamanan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 TEHERAN — Kepolisian Iran mengatakan seorang petugas keamanan tewas dan dua orang lainnya terluka dalam penembakan di Kedutaan Besar Azerbaijan di Iran. Baku menyebut serangan tersebut sebagai aksi terorisme.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Pelaku serangan menerobos pos penjaga, membunuh kepala keamanan dengan senapan laras panjang Kalashnikov,” kata Kementerian Luar Negeri Azerbaijan, Jumat (27/1/2023).

ADVERTISEMENTS

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan pelaku memaksa masuk ke dalam gedung kedutaan dan melepas tembakan ke arah pintu. Stasiun televisi pemerintah mengutip juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani yang “mengecam keras” serangan tersebut.

Berita Lainnya:
Garuda Indonesia Monitor Situasi Timur Tengah Pascaserangan Iran ke Israel

Kanaani mengatakan serangan tersebut sedang diselidiki. Polisi di Teheran mengatakan mereka menangkap tersangka dan sedang menyelidiki motif pelaku.

Kantor berita Tasnim mengutip pengawas urusan pidana di Teheran, Hakim Mohammad Shariari mengatakan motif tersangka adalah urusan pribadi. Ia mengatakan pelaku mengaku istrinya pergi ke kedutaan besar Azerbaijan di Teheran dan tidak pernah pulang ke rumah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Saat pelaku menghubungi kedutaan ia tidak pernah mendapat jawaban dan ia yakin istrinya masih di dalam kedutaan. Di televisi kepala kepolisian Iran mengatakan istri pelaku berasal dari Azerbaijan.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan serangan itu “aksi terorisme” dan meminta agar pelaku segera dihukum. “Saya mengecam keras aksi terorisme yang dilakukan di Kedutaan Besar Azerbaijan di Teheran,” cicit Alivey di Twitter.

Berita Lainnya:
Hizbullah Luncurkan Puluhan Roket ke Israel 

Kementerian Luar Negeri Azerbaijan mengatakan segera mengevakuasi stafnya saat penembakan terjadi. Dalam pernyataan pemerintah Iran tidak ada indikasi serangan itu bermotif politik.

Namun hubungan Iran dan Azerbaijan sedang renggang. Pada bulan ini Azerbaijan menunjuk duta besar pertamanya untuk Israel.

Israel sudah memiliki kedutaan besar di Baku sejak awal 1990-an dan beberapa tahun terakhir Israel merupakan pendukung militer Azerbaijan. Tel Aviv juga memberikan dukungan diplomatik dalam ketegangannya dengan Armenia dalam konflik di wilayah Nagorno-Karabakh.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi