Kamis, 25/04/2024 - 17:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Jepang akan Segera Cabut Mandat Masker

ADVERTISEMENTS

Jepang akan cabut aturan pakai masker dalam ruangan dan turunkan klasifikasi medis

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

TOKYO – Pemerintah Jepang akan membatalkan rekomendasinya untuk memakai masker dalam ruangan dan menurunkan klasifikasi medis untuk Covid-19. Hal ini diumumkan oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Jumat (28/1/2023) waktu setempat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Perubahan tersebut akan efektif mulai awal Mei. Perubahan akan mengklasifikasikan penyakit pada tingkat yang sama dengan flu, turun dari statusnya saat ini yang setara dengan tuberkulosis dan SARS.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Mengenai masker, terlepas dari di dalam dan di luar ruangan, keputusan akan diserahkan kepada individu,” kata Kishida dalam rapat pemerintah yang disiarkan televisi seperti dikutip laman Korea Times, Sabtu (28/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Imbas Serangan ke WCK, Dukungan Amerika ke Israel Kini Mulai Bersyarat

“Kami akan mengambil langkah lebih lanjut menuju ‘hidup dengan corona’ dan membuat kemajuan yang stabil untuk kembali normal di rumah, sekolah, tempat kerja, lingkungan, dan semua aspek kehidupan,” ujarnya melanjutkan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di Jepang, masker selalu dikenakan penduduk di tempat umum dan biasanya juga dipakai di luar ruangan. Penduduk tetap memakai masker meskipun pemerintah telah mengatakan bahwa masker tidak diperlukan di luar di tempat yang tidak ramai.

Bahkan sebelum pandemi merebak pada 2020, banyak orang di Jepang menggunakan masker ketika sedang flu atau demam atau untuk menangkal penyakit di musim dingin. Jajak pendapat oleh media besar menunjukkan bahwa kebanyakan orang akan terus memakai masker untuk tujuan kesehatan masyarakat bahkan jika pemerintah mencabut permintaannya.

Berita Lainnya:
Iran Benarkan Tembakkan Drone dan Rudal ke Wilayah Israel

Perubahan itu berarti bahwa mulai 8 Mei atau setelah periode liburan “Golden Week” Jepang, pasien Covid-19 dan kontak dekat mereka tidak lagi harus diisolasi. Sementara itu, negara Asia Korea Sealatan (Korsel) juga berencana mencabut mandat masker dalam ruangan mulai Senin depan.  Di China, pemerintahnya juga mulai melonggarkan kebijakan ketat nol Covid dalam pelonggaran kebijakannya yang sangat tajam.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi