Jumat, 19/04/2024 - 13:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Restoran tidak Bersih Bisa Dilihat dari Tujuh Tanda Ini

ADVERTISEMENTS

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah sebuah restoran bersih atau tidak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Aktivitas makan di luar rumah menjadi ajang untuk mencoba rasa baru. Namun, sebagian dari Anda bisa jadi sulit melepaskan kekhawatiran pada dapur di sebuah restoran yang mungkin tidak sebersih yang diinginkan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah sebuah restoran bersih atau tidak. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman Eat This Not That, Jumat (27/1/2023):

ADVERTISEMENTS

1. Kamar mandi

Ini mungkin cukup jelas, tetapi ada peringatan tertentu. Kamar mandi kotor mungkin akan jadi ciri pertama, tetapi perlu diperhatikan waktunya. Jika pada waktu sibuk seperti di akhir pekan, biasanya akan ada banyak pelanggan bolak-balik ke kamar mandi dan mereka tidak sempat untuk langsung membersihkannya.

Pendiri My Bartender, Paul Kushner, menggemakan hal ini. “Jika ingin tahu seberapa serius suatu tempat menjaga kebersihan, lihat kamar mandinya. Seharusnya aromanya netral atau mungkin lebih baik lagi, seperti wangi disinfektan atau larutan pembersih,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Tinggal Serumah dengan Anak Kecil, Lansia Berisiko Ketularan Pneumonia

2. Menu dan bumbu

Ketika sampai di meja resto, lihatlah bagaimana barang-barang dibersihkan dan dirawat. “Bumbu yang tutupnya hilang, tutupnya berkerak, atau tidak diisi ulang, hingga menu yang lengket atau ada bercak, bisa menjadi tanda ada yang tidak dibersihkan secara rutin,” ujar koki profesional yang beralih menjadi pendidik kuliner, Chris Meckes.

3. Kursi

Waspadai remah-remah dan pembersihan yang ceroboh. Periksa hingga ke celah kursi, jika ada remah-remah makanan sisa, artinya itu tidak dibersihkan dengan benar. Remah-remah dan sisa-sisa makanan bisa memikat semua jenis kuman.

4. Meja tidak dibersihkan dengan cepat

“Pembersihan yang lambat dapat menunjukkan kurangnya perawatan,” kata pemilik Freddy J’s Bar & Kitchen, Grant Kneble. Aspek penting untuk dipertimbangkan adalah seberapa cepat pelayan menangani meja untuk dibersihkan. Meja kotor atau piring yang tertinggal di atas meja dalam waktu lama, dapat menandakan layanan yang buruk.

Berita Lainnya:
Strain Mutan Virus Cacar Monyet Ditemukan di Kongo, Berpotensi Jadi Pandemi

5. Lemak dalam penggorengan

Memasak pasti membuat kondisi dapur berantakan, tetapi dapur harus dibersihkan dan saringan minyak harus dikosongkan secara teratur. “Jika saringan minyak terlihat kotor, itu tandanya peralatan tersebut belum dibersihkan dengan benar,” kata Meckes.

6. Waspadai prasmanan

Meskipun prasmanan mungkin tampak bagus, Anda bisa melihat suhu makanan yang tidak aman dan kontaminasi silang. “Kemungkinan makanan telah didiamkan terlalu lama dan akan sulit dihangatkan kembali dengan baik. Hindari prasmanan jika sedang hamil atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu,” kata koki Ron Stewart.

7. Dengarkan insting

Terakhir, saran yang berhasil di hampir semua situasi adalah jika terasa tidak benar, mungkin memang tidak benar bagi kita. “Gunakan indra, penglihatan, dan penciuman, jika sesuatu tidak terlihat atau tidak tercium? Maka jangan teruskan,” kata Stewart.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi