Kamis, 25/04/2024 - 08:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

UPH Buka Program Pendidikan Spesialis Kedokteran Keluarga

ADVERTISEMENTS

Angkatan pertama prodi di UPH itu dimulai pada 2 Maret 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Universitas Pelita Harapan (UPH) resmi membuka program pendidikan dokter untuk layanan spesialis kedokteran keluarga layanan primer atau PPDS KKLP sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dokter nasional.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Angkatan pertama program itu dimulai pada 2 Maret 2023. Pendaftaran telah dibuka bagi para dokter umum yang sudah bekerja minimal satu tahun, memiliki surat izin praktik aktif, dan melaksanakan praktik kedokteran.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Melalui program ini, kami berharap dapat turut berkontribusi dalam mencetak dokter-dokter spesialis yang unggul dan kompeten bagi kemajuan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia,” kata Rektor UPH Jonathan Parapak dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (28/1/2023).

ADVERTISEMENTS

Jonathan mengucap syukur atas terbitnya izin untuk membuka program spesialis tersebut melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor 10/E/O/2023.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Alasan Harbour Energy Ikut Serta Dalam Pengembangan SDM di Indonesia

Menurutnya, konsep kedokteran keluarga telah lama hadir di luar negeri dan terbukti membawa manfaat yang sangat besar bagi pelayanan kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

“Di masa depan, dokter keluarga akan memegang peranan kunci di garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Dokter keluarga merupakan bagian dari pelayanan kesehatan primer bagi pasien yang bertanggungjawab dalam memberikan pembinaan berkelanjutan, melakukan diagnosis medis dan penanganan, serta memberikan dukungan.

Tak hanya itu, dokter keluarga juga bertugas mengomunikasikan informasi tentang pencegahan, diagnostik, pengobatan, serta pendidikan kesehatan, deteksi dini penyakit, terapi preventif, dan perubahan perilaku kepada pasien.

Dekan Fakultas Kedokteran UPH Eka Julianta Wahjoepramono menuturkan program spesialis kedokteran keluarga layanan primer tersebut nanti akan mendapat gelar Dokter Sp KKLP. Mereka akan berpraktik di fasilitas kesehatan primer sebagai dokter keluarga.

Berita Lainnya:
Pj Heru Perintahkan Kadisdik Cabut KJP dan KJMU Pelaku Tawuran di Kemayoran

Masa perkuliahan berlangsung selama tujuh semester dan akan dilaksanakan di kampus Fakultas Kedokteran UPH Lippo Village.

Eka menambahkan bahwa sebagai institusi pendidikan yang juga terafiliasi dengan fasilitas kesehatan, UPH menyadari penuh tingginya kebutuhan masyarakat terhadap layanan Dokter Spesialis KKLP.

“Kehadiran Dokter Spesialis KKLP kelak akan mentransformasi sistem dan kualitas layanan pendidikan serta memperkuat pelayanan pada fasilitas kesehatan primer,” kata dia.

Fakultas Kedokteran UPH berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. PPDS KKLP merupakan program pendidikan dokter spesialis kedua UPH selain PPDS Radiologi yang dibuka tahun lalu.

Pendaftaran program kedokteran spesialis keluarga tersebut sudah dibuka secara daring melalui laman one.uph.edu yang bisa diakses secara mudah.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi