Selasa, 23/04/2024 - 17:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Al-Ghazali dan Kesungguhan Memerangi Setan

ADVERTISEMENTS

Al-Ghazali mengimbau jangan pernah mengikuti ajakan setan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Allah memerintahkan kita untuk memerangi setan dan menyiapkan diri sepenuhnya untuk menghadapi peperangan melawan setan. Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin menjelaskan bahwa para ulama memberikan tiga nasihat untuk bisa mengalahkan setan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pertama, seorang hamba perlu mengenal dan mempelajari perangkap serta tipu daya setan. Jika setan tahu kamu telah mengetahui perangkap dan tipu dayanya, maka setan tidak berani mendekati kamu. Ibarat seorang pencuri yang segera lari menghindari, karena pemilik rumah telah mengetahui keberadaannya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kedua, jangan pernah menanggapi ajakan setan, termasuk dengan menunjukkan minat dan mencoba mengikuti langkah setan. Sebab ajakan setan ibarat anjing yang menggonggong, jika kamu mendatanginya maka anjing akan menyerang dan menggigit kamu. Akan tetapi, jika kamu menghindarinya maka lama-lama anjing itu akan diam.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Adab Perang dalam Islam, Bolehkah Berbohong?

Ketiga, seorang hamba perlu terus-menerus berdzikir kepada Allah SWT, baik dengan lisan maupun dengan hati kamu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Bahwa kedudukan Dzikrullah terhadap setan adalah bagaikan luka pada anak Adam.”

Imam Al-Ghazali juga menjelaskan cara mengetahui tipu daya setan dan bagaimana supaya manusia bisa memahaminya. Setidaknya ada dua cara untuk mengenali tipu daya setan.

Pertama, setan menyerang korbannya dengan cara membidik mereka dengan bisikan-bisikan seperti anak panah yang dilepaskan dari busurnya. Kamu dapat mengenali anak panah setan itu dengan merasakan bisikan-bisikan yang beraneka ragam itu.

Berita Lainnya:
Imam Al Ghazali Ingatkan Agar Mata Dijaga dari Empat Perkara Ini

Kedua, senjata setan adalah para muridnya yang sudah berhasil dijerat. Hal itu dapat kamu kenali dengan mengetahui jenis-jenis tipu daya setan dan sifat-sifatnya serta cara menyerangnya. Hal ini dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin yang diterjemahkan Abu Hamas As-Sasaky dan diterbitkan Khatulistiwa Press 2013.

Sementara, Imam Al-Ghazali menjelaskan, ada dua strategi utama untuk memerangi dan mengalahkan setan. Pertama, dengan meminta perlindungan hanya kepada Allah SWT dan tidak kepada yang lain.

Strategi kedua, seperti disarankan oleh sebagian ulama bahwa setan akan menjauh dari hamba yang melakukan mujahadah yakni hamba yang latihan dan disiplin spiritual secara keras.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi