Rabu, 17/04/2024 - 02:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Anggota Kongres AS: Kemungkinan Konflik China dengan Taiwan Tinggi

ADVERTISEMENTS

Kemungkinan konflik dengan China dengan Taiwan sangat tinggi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

WASHINGTON — Ketua Komite Hubungan Luar Negeri House of Representative Amerika Serikat (AS) yang baru, Mike McCaul mengatakan kemungkinan konflik dengan China karena Taiwan “sangat tinggi.” Hal ini disampaikan usai setelah seorang jenderal memperingatkan AS akan berperang melawan China dalam dua tahun ke depan.

ADVERTISEMENTS

Dalam catatan yang bertanggal 1 Februari tapi dirilis Jumat (27/1/2023) lalu kepala komando transportasi udara, Air Mobility Command (AMC) Angkatan Udara AS, Jenderal Mike Minihan mengatakan “firasat saya kami akan berperang pada tahun 2025.”

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Saya harap dia salah, (tapi) saya pikir dia benar,” kata McCaul pada Fox News, Ahad (29/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Sudut pandang Jenderal Minihan tidak mewakili pandangan Pentagon. Tapi menunjukkan kekhawatiran pejabat tertinggi militer AS tentang kemungkinan China mencoba mengambil alih Taiwan yang Beijing klaim bagian dari wilayah China.

Berita Lainnya:
Intelijen AS: ISIS Bertanggung Jawab dalam Serangan di Moskow 

 

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Dalam catatannya Minihan menulis AS dan Taiwan akan menggelar pemilihan presiden pada tahun 2024. Hal ini membuka peluang bagi China untuk mengambil tindakan militer.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

McCaul mengatakan bila China gagal mengambil alih Taiwan dengan pertumpahan darah. “(Maka) dalam penilaian saya mereka akan melihat invasi militer, kami harus bersiap menghadapi ini.”

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Ia menuduh pemerintah Partai Demokrat Presiden Joe Biden menunjukkan kelemahan setelah menarik pasukan dari Afghanistan. Sehingga kemungkinan perang dengan China semakin tinggi.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

“Kemungkinannya sangat tinggi yang dapat kami lihat konflik dengan China dan Taiwan dan Indo-Pasifik,” kata McCaul.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Gedung Putih menolak memberikan komentar tentang pernyataan McCaul.

Anggota Komite Angkatan Bersenjata House dari Partai Demokrat   Adam Smith mengatakan ia tidak sepakat dengan penilaian Minihan. Di Fox News, ia mengatakan perang dengan China tidak hanya dapat dihindari tapi juga sangat tidak mungkin.

Berita Lainnya:
Presiden Turki dan Emir Qatar Diskusikan Situasi Kemanusiaan di Gaza

“Situasi yang kami miliki di China sangat berbahaya, tapi saya pikir para jenderal harus sangat berhati-hati dalam mengatakan kami akan berperang, itu dapat dihindari,” katanya.

Smith mengatakan AS harus berada dalam posisi mencegah China menggelar aksi militer ke Taiwan. “Tapi saya sangat yakin kami dapat menghindari konflik bila kami mengambil pendekatan yang tepat,” katanya.  

Pada awal bulan ini Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan ia sangat ragu bila aktivitas militer China di dekat Selat Taiwan menandakan Beijing akan segera menginvasi pulau itu. Seorang pejabat Pentagon mengatakan pernyataan jenderal ” tidak mewakili pandangan departemen (pertahanan) mengenai China.”

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi