Selasa, 23/04/2024 - 12:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Bentuk Kepala Sikat Gigi Terbaik Menurut Dokter

ADVERTISEMENTS

Ada banyak ragam sikat gigi di pasaran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Di pasaran, ada beragam jenis sikat gigi yang tersedia. Sikat gigi seperti apa yang biasa Anda pakai?

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sehari-hari, orang perlu menyikat giginya dua kali, yakni sehabis makan pagi dan sebelum tidur Membersihkan mulut secara keseluruhan dan membersihkan tiap-tiap gigi dengan benang gigi secara teratur penting untuk kesehatan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Mengabaikan kegiatan ini dapat menyebabkan masalah seperti kerusakan gigi, gigi berlubang, dan juga penyakit gigi. Namun, tahukah Anda, ternyata jenis sikat gigi tertentu sebenarnya bisa berperan dalam kesehatan mulut Anda secara keseluruhan.

ADVERTISEMENTS

Dilansir dari laman Express, Senin (30/1/2023), dokter gigi mengatakan sikat kecil berkepala bulat bagus untuk membersihkan “area yang sulit dijangkau”.   Direktur klinis dan dokter gigi utama di Paste Dental, Alan Clarke, menjelaskan bentuk yang berbeda akan sesuai dengan individu yang berbeda.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kemenkes: Perubahan Iklim 2024 Membuat Kasus DBD di Indonesia Kembali Naik

Sikat gigi yang digunakan tergantung pada kebutuhan kesehatan mulut dan preferensi pribadi masing-masing. Umumnya, menurut drg Clarke, kepala sikat gigi kecil dengan bentuk ringkas paling baik digunakan untuk membersihkan sekitar garis gusi dan area yang sulit dijangkau di bagian belakang mulut.

Contohnya, kepala sikat berbentuk bulat. Kepala sikat bulat biasanya ditemukan pada sikat gigi elektrik.

“Sebagai dokter gigi, kami sangat menyukai sikat elektrik karena kepala bulat ini dirancang untuk berputar dan berosilasi yang luar biasa dalam menghilangkan plak serta partikel makanan, sering kali lebih efektif daripada menggunakan sikat gigi manual,” ujar drg Clarke.

Menurut drg Clarke, kepala sikat bulat juga lebih kecil sehingga lebih baik untuk mengakses area yang sulit dijangkau atau di sekitar kawat gigi ortodontik,. Namun, dia memperingatkan kadang-kadang bulu sikat gigi berkepala bulat lebih lembut daripada bulu sikat kasar dari beberapa sikat gigi manual.

Berita Lainnya:
Presenter Hilbram Dunar Meninggal karena Kanker Usus Besar, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Tetapi, bulu sikat pada sikat gigi berkepala bulat juga dapat terasa terlalu keras pada gusi yang meradang atau lunak. Jika seseorang sering mengalami masalah gigi akut, Paste Dental merekomendasikan untuk menggunakan sikat manual yang lembut agar gusi memiliki kesempatan untuk sembuh, bebas dari iritasi, atau trauma lebih lanjut.

Sementara itu, pendiri dan kepala dokter gigi di Serene di London, drg Safa Al-Naher menyebut sikat gigi terbaik haruslah “cukup kecil” untuk bisa menyikat tempat yang sulit dijangkau di dalam mulut. Misalnya untuk menyikat gigi bungsu di bagian belakang mulut.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi