Selasa, 16/04/2024 - 19:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Muktamar Internasional NU akan Bahas Posisi Piagam PBB di Mata Syariat

ADVERTISEMENTS

PBNU akan menggelar Muktamar Internasional Fikih Peradaban.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

DEPOK — Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Muktamar Internasional Fikih Peradaban atau Fiqh al-Hadharah di Surabaya pada Senib (6/2/2023) mendatang. Muktamar internasional ini merupakan rangkaian kegiatan menuju acara Puncak Resepsi Satu Abad NU di Sidoarjo pada 7 Februari 2023.

ADVERTISEMENTS

PBNU telah menyampaikan undangan kepada 200 ulama dunia dari 50 negara untuk menghadiri muktamar internasional tersebut. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengatakan, forum para ulama ini akan membahas posisi piagam PBB di mata syariat.  

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Jadi kita sebut itu sebagai muktamar internasional pertama tentang fikih peradaban dan diselenggarakan dengan memilih topik tentang posisi piagam PBB di mata syariat,” ujar Gus Yahya usai menjadi narasumber ahli kuliah umum di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok, Jawa Barat, Senin (30/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Mengapa Wanita Hadramaut Bercadar?

Menurut Gus Yahya, Muktamar Internasional Fiqh al-Hadharah ini pertama kali digelar. Namun, dia berharap ke depannya muktamar ini bisa digelar secara rutin. 

 

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

“Nanti muktamar ulama internasional kita selenggarakan tanggal 6. Itu akan kita jadikan kegiatan tahunan sebetulnya,” ucapnya. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Beberapa tokoh yang akan menjadi pembicara kunci dalam Muktamar Internasional Fiqih Peradaban di Surabaya itu di antaranya Grand Syekh Al-Azhar Ahmad Ath-Thayyeb dan Mufti Mesir Syekh Syauqi Ibrahim Abdul Karim ‘Allam. Kemudian, ada juga Sekretaris Jenderal Rabithah Alam Islami (Liga Dunia Islam) Syekh Muhammad bin Abdul Karim Al-Issa dan Sekretaris Jenderal Akademi Fiqih Internasional Organisasi Kerjasama Islam Koutoub Moustapha Sano. 

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Menurut Gus Yahya, hasil dari muktamar internasional ini nantinya akan dibahas lagi dalam forum-forum diskusi yang lebih luas. Bahkan, hasilnya akan disampaikan kepada Sekretariat Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
Berita Lainnya:
Kisah Ibunda Anas bin Malik yang Teguh Memegang Islam Meski Ditinggalkan Suami

“Dan kalau perlu kita minta dibawa ke dalam majelis umum PBB bulan september yang akan datang ini di angkat sebagai salah satu topik,” kata Gus Yahya.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sebelumnya, PBNU juga telah menggelar Halaqah Fiqih Peradaban di 250 titik pesantren se-Indonesia. Halaqah digelar sejak Agustus hingga Desember 2022. Puncaknya, digelar Muktamar Internasional Fiqih Peradaban di Surabaya, pada 6 Februari 2023 mendatang.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Peringatan Harlah Satu Abad NU, yang jatuh pada 16 Rajab 1444 Hijriah yang bertepatan dengan 7 Februari 2023. Pada hari itu, akan dilangsungkan Resepsi Puncak Harlah Satu Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo yang akan dihadiri tidak kurang dari satu juta warga NU. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi