Jumat, 19/04/2024 - 20:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

IMF Naikkan Outlook Pertumbuhan Dunia

ADVERTISEMENTS

Ekonomi global diprediksi 2,9 persen, sedikit lebih baik dari outlook Oktober.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 WASHINGTON — Dana Moneter Internasional (IMF) menaikkan sedikit outlook pertumbuhan global 2023 sebab “daya tahan yang mengejutkan” dalam permintaan di Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Selain itu harga energi mulai turun dan China membuka kembali ekonominya usai melonggarkan peraturan Covid-19.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

IMF mengatakan pertumbuhan global masih turun dari 3,4 persen pada tahun 2022 menjadi 2,9 persen tahun 2023. Tapi, outlook ini lebih baik dibanding prediksi outlook Bank Dunia pada bulan Oktober lalu yang sebesar 2,7 persen. Prediksi itu disertai peringatan kemungkinan dunia terperosok ke dalam jurang resesi.

ADVERTISEMENTS

Menurut IMF pada tahun 2024 pertumbuhan ekonomi dunia naik sedikit menjadi 3,1 persen tapi ini sepersepuluh poin di bawah prediksi bulan Oktober karena langkah bank sentral menaikan suku bunga memperlambat permintaan.

Berita Lainnya:
Jasa Raharja Gandeng Guru Bangun Kesadaran Siswa Jaga Keselamatan Berlalu Lintas

Kepala ekonom IMF Pierre-Olivier Gourinchas mengatakan resiko resesi mereda dan bank-bank sentral membuat kemajuan dalam mengendalikan inflasi. Tapi, katanya, masih banyak yang perlu dilakukan untuk menahan harga dan gangguan baru dapat datang dari perang di Ukraina dan kebijakan pandemi China.

“Kami harus bersiap untuk menghadap yang tak terduga, tapi ini dapat mewakili titik balik, saat pertumbuhan mencapai titik terendah dan inflasi menurun,” kata Gourinchas dalam laporan IMF, Selasa (31/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dalam prediksi produk domestik bruto (PDB), IMF mengatakan PDB AS diperkirakan tumbuh dari 1,0 persen pada bulan Oktober menjadi 1,4 persen dan mengikuti pertumbuhan 2,0 persen pada tahun 2022. IMF merujuk konsumsi dan investasi yang lebih kuat dibandingkan yang diperkirakan sebelumnya di kuartal ketiga 2022, mendorong pasar lapangan kerja dan keseimbangan neraca konsumen.

Berita Lainnya:
MRT Jakarta dan Sojitz Jepang Resmi Kerja Sama Bangun MRT Bundaran HI-Kota

IMF mengatakan zona euro juga memiliki peningkatan serupa, prediksi pertumbuhan blok itu pada tahun 2023 naik dibandingkan prediksi bulan Oktober yang sebesar 0,5 persen menjadi 0,7 persen. Setelah pertumbuhan 3,5 persen pada tahun 2022.

IMF mengatakan adaptasi Eropa dalam menghadapi kenaikan harga energi lebih cepat dibandingkan yang diperkirakan. IMF memprediksi Inggris satu-satunya perekonomian maju yang mengalami resesi tahun ini, PDB jatuh 0,6 persen, sementara rumah tangga kesulitan dengan kenaikan biaya hidup seperti membayar tarif energi dan hipotek. 

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi