Selasa, 16/04/2024 - 22:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Ini Jurus BI Kembangkan Ekonomi Syariah pada 2023

ADVERTISEMENTS

BI akan memfokuskan arah kebijakannya terkait pengembangan ekonomi syariah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Bank Indonesia (BI) memastikan akan memfokuskan arah kebijakannya terkait pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Dalam Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah (KEKSI) 2022, BI memproyeksikan ekonomi dan keuangan syariah akan terus berkembang pada tahun ini.

ADVERTISEMENTS

“KEKSI 2022 menguraikan perkembangan, sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan syariah nasional pada 2022, serta prospek dan perumusan arah kebijakan 2023,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo  dalam Peluncuran Laporan Transparansi dan Akuntabilitas Bank Indonesia (LTABI) 2022, Senin (30/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Dalam KEKSI 2022, BI menyatakan secara nasional kebijakan pengembangan ekonomi syariah akan berfokus pada percepatan sertifikasi dan ekspor produk halal. Sementara, kebijakan pengembangan keuangan syariah nasional akan memprioritaskan pengembangan dan penguatan industri perbankan serta transformasi pengelolaan wakaf uang.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
KDEKS Kalbar Diminta Eksplor Kearifan Lokal 

Dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, BI memastikan akan mengacu pada sejumlah strategi utama. Semua strategi tersebut yakni pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah untuk mendorong pembiayaan, penguatan riset, asesmen, dan edukasi.

Dalam rangka mempercepat terwujudnya Indonesia sebagai pusat industri halal dunia, BI memastikan akan bersinergi mengusung tiga program flagship 2023 yaitu penguatan Global Halal Hub (GHH). begitu juga dengan akselerasi sertifikasi halal dan penguatan Indonesia International Modest Fashion Festival (In2MotionFest).

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Alhamdulillah, Indeks Literasi Keuangan Syariah 2023 Tumbuh Jadi 39 Persen

Selain itu, program pengembangan lainnya akan berfokus pada penguatan ekosistem rantai nilai makanan halal dan modest fashion. Begitu juga dengan pengembangan instrumen pasar keuangan syariah, termasuk inovasi wakaf produktif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

BI juga menekankan penguatan edukasi dan sosialisasi perlu dimaksimalkan. Khususnya untuk mengupayakan percepatan peningkatan literasi ekonomi syariah.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Selain itu, BI memastikan akan bersinergi dengan mitra strategis seperti kementerian dan lembaga dalam wadah KNEKS. Begitu juga dengan komunitas dan pelaku usaha di industri dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah nasional untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sumber: Republika

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi