Jumat, 19/04/2024 - 01:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei Capres 2024: Elektabilitas Ganjar Ungguli Anies dan Kamil

ADVERTISEMENTS

Survei UniTrend, PDIP masih teratas disusul Gerindra, PKS, Demokrat, dan Golkar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

SLEMAN — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, jadi tokoh yang paling banyak dipilih responden sebagai calon presiden (capres) 2024  dengan 37,7 persen. Diikuti Gubernur DKI periode 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan dengan 23,7 persen, serta Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil di posisi ketiga dengan 14,5 persen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Tingginya elektabilitas Ganjar Pranowo (37.7 persen) yang jauh melebihi angka elektabilitas partainya sendiri (PDI-P dengan 17.5 persen) menunjukkan sebenarnya masih ada di Indonesia personalisasi politik, lemahnya partai serta rendahnya kepercayaan publik terhadap partai,” kata Project Manager UniTrend, Ignatius Ardhana Reswara saat konferensi pers di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (30/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Universitas BSI Pemuda Gelar Kegiatan Berbagi Sesama Insan di Panti Asuhan Rumah Harapan

Responden yang menjawab tidak tahu hanya 0,7 persen. Hal tersebut berbeda secara signifikan dengan hasil survei yang menanyakan partai mana yang akan dipilih responden.  “Ketika dibandingkan dengan partai politik, yang menjawab tidak tahu sebanyak 17,5 persen, ini sangat jauh sekali ketika kita bandingkan,” ujar Ignatius.

Hal serupa terjadi ketika Anies diusung oleh Nasdem untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada 2024. Elektabilitas Anies jauh lebih tinggi daripada elektabilitas Partai Nasdem yang hanya 6,7 persen. Sebelumnya, mayoritas responden masih memilih PDIP sebagai partai yang akan mereka pilih pada Pemilu 2024.

Berita Lainnya:
Argumentasi Ganjar dan Mahfud di Sidang Sengketa Pilpres 2024

“Dari hasil survei yang kami lakukan, publik masih memilih PDIP sebagai partai yang berada di posisi teratas dengan 17,5 persen,” kata Ardhana. Diikuti Partai Gerindra (13,4 persen), PKS (11,6 persen), dan Demokrat (9,1 persen). 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sementara itu, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PPP, PAN masing masing dipilih oleh 7,5 persen, 2,3 persen, dan 2,1 persen partisipan survei dengan total sejumlah 11,9 persen. Jika KIB sendiri mendirikan sebuah blok (total suara 11,9 persen) maka akan berada pada posisi keempat.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi