Rabu, 24/04/2024 - 05:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tanda-Tanda Tersembunyi di Kuku Bisa Tunjukkan Gula Darah Tinggi, Diabetes tak Terkontrol

ADVERTISEMENTS

Diabetes dapat menyebabkan infeksi dan kerentanan pada kuku.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Dalam kebanyakan kasus, diabetes dapat menyebabkan gejala seperti rasa haus yang berlebihan, banyak buang air kecil, hingga kelelahan. Namun, seorang ahli mengatakan Anda juga dapat memperhatikan tanda-tanda peringatan diabetes pada kuku.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Direktur klinis asosiasi dari Bupa Health Clinics, Sarah White mengatakan diabetes dapat menyebabkan infeksi dan kerentanan pada kuku. Dia memperingatkan mereka yang memiliki kondisi tersebut harus waspada.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut data International Diabetes Federation (IDF), sekitar 19,5 juta warga Indonesia mengidap penyakit yang juga akrab disebut kencing manis tersebut pada 2021. Pengidapnya berusia antara 20 hingga 79 tahun.

ADVERTISEMENTS

Dengan mengingat hal itu, maka penting untuk mengetahui tanda-tanda kondisi yang sedikit diketahui. Perubahan pada kuku bisa menjadi tanda diabetes yang tidak terkontrol dan tanpa intervensi dini.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Merokok Tinggalkan 'Bekas Luka' pada Sistem Kekebalan Tubuh

White memperingatkan komplikasi kesehatan lebih lanjut mungkin terjadi. Berikut beberapa gejala diabetes yang mungkin tercermin di kuku:

1. Menguning

Penelitian menunjukkan diabetes dapat memengaruhi protein di kuku akibat peningkatan laju proses yang disebut glikosilasi. White menjelaskan  proses ini diduga menjadi penyebab kuku menguning.

“Jika kuku  berubah warna, itu bisa berarti Anda menderita gula darah tinggi atau diabetes yang tidak terkontrol selama beberapa waktu,” kata White, dilansir The Sun, Senin (30/1/2023).

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur kuku juga umum terjadi pada mereka yang mengidap diabetes. Kondisi ini karena peningkatan kadar glukosa dapat menyebabkan kerusakan saraf dan pembuluh darah secara bertahap.

Berita Lainnya:
Gejala Kelainan Darah yang Perlu Diwaspadai, Segera Periksa Diri ke Dokter

“Dengan suplai darah yang lebih buruk dan kadar glukosa yang lebih tinggi, infeksi jamur lebih mungkin terjadi,” ujar White.

Dia mengatakan kadar glukosa yang lebih tinggi juga berarti bakteri di sekitar kaki dapat berkembang lebih cepat untuk membuat infeksi.

3. Lapisan bawah kuku bengkak

White mengatakan pengidap diabetes harus memeriksa lapisan bawah kuku karena daerah itu sering menunjukkan tanda-tanda infeksi. Lapisan kuku bisa bengkak, merah, dan Anda mungkin merasakan sakit di pangkal kuku atau di kaki.

“Jika ternyata Anda rentan terhadap infeksi kuku berulang atau infeksi jamur kuku, pastikan Anda memeriksa kadar gula darah dan mencari saran medis,” kata White.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi