Selasa, 16/04/2024 - 22:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Penderita Asam Urat Kambuh Biasanya Setelah Santap 3 Jenis Makanan Ini

ADVERTISEMENTS

Jauhi tiga makanan ini untuk hindari kekambuhan asam urat alias gout.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Gout merupakan salah satu jenis arthritis yang tak bisa disembuhkan namun dapat dikelola. Mengonsumsi jenis makanan tertentu ternyata dapat menjadi pemicu kekambuhan penyakit yang juga dikenal dengan istilah asam urat ini.

ADVERTISEMENTS

Pada kasus gout, gejala bengkak, kemerahan, dan nyeri umumnya muncul pada sendi di ibu jari kaki. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), gout juga bisa mengenai area seperti sendi-sendi di jari kaki lain, pergelangan kaki, dan lutut.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Gout disebabkan oleh kondisi bernama hiperurisemia, yaitu (kondisi) terlalu banyaknya asam urat di dalam tubuh,” jelas CDC melalui laman resminya.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Masalah hiperurisemia umumnya lebih sering ditemukan pada individu dengan obesitas dan pria. Orang denagn masalah kesehatan tertentu juga cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi.

Berita Lainnya:
Berbaring Bisa Redakan Asam Lambung Tanpa Membatalkan Puasa

Hiperurisemia memicu terjadinya gout bila kondisi tersebut menyebabkan penumpukan kristal asam urat pada sendi, cairan, atau jaringan tubuh. Namun, tak semua hiperurisemia akan menyebabkan gout. Menurunkan dan mengelola hiperurisemia bisa membantu menurunkan risiko terjadinya gout.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Ada sejumlah terapi yang bisa mengelola gout dan membantu pasien mencapai remisi. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan gout sepenuhnya. Oleh karena itu, pasien gout bisa mengalami kekambuhan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Mengacu pada beberapa studi, National Centre for Biotechnology Information mengungkapkan bahwa ada beberapa makanan yang tampak berkaitan dengan kekambuhan gout. Tak sedikit pula pasien gout yang mengalami kekambuhan hanya dalam waktu beberapa hari setelah mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

“Serangan gout tampak lebih umum pada orang-orang yang beberapa hari sebelumnya menyantap banyak daging, ikan, atau makanan laut,” jelas National Centre for Biotechnology Information, seperti dilansir Express, Selasa (31/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
Berita Lainnya:
5 Rekomendasi Standing Mixer Terbaik, Cocok untuk Buat Kue Lebaran!

Seperti diketahui, pasien gout biasanya diminta untuk menerapkan diet rendah purin. Hal ini bisa terjadi karena tubuh akan merilis asam urat ketika purin sedang dicerna di dalam tubuh. Kristal-kristal dari asam urat ini cenderung akan menumpuk di persendian bila tak ada cairan yang cukup di jaringan sekitarnya. Beberapa jenis daging, ikan, dan makanan laut dikenal memiliki kandungan purin yang tinggi.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Namun, National Centre for Biotechnology Information mengatakan tidak semua makanan berpurin tinggi dapat memicu serangan atau kekambuhan gout. Alasannya, tubuh menyerap purin dari berbagai makanan dengan cara yang berbeda.

Oleh karena itu, tak semua makanan berpurin tinggi dapat dianggap sebagai faktor risiko serangan gout. Makanan nabati berpurin tinggi seperti kacang polong, buncis, lentil, jamur, bayam, oat, brokoli, dan kembang kol contohnya, tak begitu berdampak pada risiko serangan gout.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi