Jumat, 19/04/2024 - 08:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Duka Mendalam Saat Penguburan Korban Pengeboman Masjid di Pakistan

ADVERTISEMENTS

Polisi kontra-terorisme sedang menyelidiki bagaimana pelaku bisa mencapai masjid.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 ISLAMABAD — Pemakaman diadakan di provinsi barat laut Pakistan untuk mereka yang meninggal dalam serangan bunuh diri di sebuah masjid di kota Peshawar. Jumlah korban meninggal meningkat menjadi 100 dan operasi pencarian berakhir.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sekitar 300 sampai 400 polisi berkumpul untuk sholat Ashar di sebuah masjid di kompleks markas polisi pada Senin. Saat itu, akibat bom, seluruh dinding dan sebagian besar atapnya hancur, menghujani petugas dengan puing-puing.

ADVERTISEMENTS

Pemerintah provinsi Khyber Pakhtunkhwa mengumumkan hari berkabung di seluruh provinsi pada Selasa. “Pemerintah provinsi dengan rasa duka yang mendalam mengumumkan hari Selasa sebagai hari berkabung di seluruh Provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Bendera Nasional Pakistan akan berkibar setengah tiang di seluruh Provinsi Khyber Pakhtunkhwa,” kata sebuah pemberitahuan, dilansir dari TRT World, Rabu (1/2/2023).

Pada Selasa malam, tim penyelamat mengakhiri operasi maraton. Mereka mengeluarkan korban selamat dan mayat dari reruntuhan masjid, membawa mereka yang bisa diselamatkan ke rumah sakit.

Berita Lainnya:
Jika Allah Menghendaki Nabi Muhammad Bisa Baca Tulis, Tapi Mengapa tidak Demikian?

Militan tingkat rendah, sering menargetkan pos pemeriksaan keamanan, terus meningkat di daerah dekat Peshawar yang berbatasan dengan Afghanistan di mana Taliban menguasai Kabul pada Agustus 2021.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut penyelidikan awal, bahan peledak yang digunakan dalam pengeboman tersebut adalah 10-12 kilogram. Serangan itu menimbulkan kekhawatiran di antara para pejabat atas pelanggaran keamanan besar pada saat Taliban Pakistan, kelompok militan anti-pemerintah utama, telah meningkatkan serangan, terutama menargetkan polisi dan militer.

Dalam pidato yang disiarkan televisi ke parlemen, Menteri Pertahanan Khawaja Mohammad Asif menuduh Taliban Pakistan yang dikenal dengan akronim TTP melakukan serangan itu. Menteri Pertahanan mengatakan mereka beroperasi dari wilayah tetangga Afghanistan dan menuntut Taliban Afghanistan mengambil tindakan terhadap mereka.

Seorang komandan TTP sebelumnya mengaku bertanggung jawab, tetapi juru bicara kelompok itu kemudian menjauhkan TTP dari pembantaian tersebut, dengan mengatakan bukan kebijakannya untuk menyerang masjid.

Berita Lainnya:
Buya Yahya: Isu Sapi Merah Dimanfaatkan Yahudi

Polisi kontra-terorisme sedang menyelidiki bagaimana pelaku bisa mencapai masjid, yang berada di dalam kompleks markas polisi. Kompleks itu terletak di distrik keamanan ketat Peshawar yang mencakup gedung-gedung pemerintah lainnya.

“Ya, itu adalah gangguan keamanan,” kata Ghulam Ali, Gubernur Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Akhtar Ali Shah, mantan menteri dalam negeri yang pernah berbasis di Peshawar, mengatakan itu bukan serangan mendadak. “Itu adalah hasil kerja kelompok yang terorganisasi dengan baik,” katanya kepada The Associated Press.

Dia mengatakan mereka yang berada di belakang serangan itu pasti mendapat bantuan orang dalam untuk mendapatkan akses ke kompleks tersebut. Mereka mungkin memasukinya beberapa kali untuk pengintaian atau bahkan menanam bahan peledak sebelumnya.

“Ini bukan gangguan keamanan, ini pelanggaran keamanan, dari semua titik masuk, ada banyak lapisan keamanan yang harus kalian lewati dengan pemeriksaan ID,” jelasnya.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi