Jumat, 19/04/2024 - 18:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Obral Insentif di IKN, 80 Calon Investor Nyatakan Minat

ADVERTISEMENTS

Bahlil sebut insetif investasi di IKN Nusantara akan jauh lebih besar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengatakan hingga saat ini sudah ada 80 investor yang menyatakan minat untuk berinvestasi di IKN. Saat ini 80 investor tersebut masih melakukan perhitungan dan feasibility study.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Dalam proses investasi ini kan ada beberapa tahapan. Pertama investor perlu memberikan letter of interest. Saat ini sudah ada 80-an investor yang memberikan LOI ini,” ujar Bambang di Plaza Mandiri, Kamis (2/2/2023).

ADVERTISEMENTS

Bambang enggan menjelaskan berapa besaran potensi investasi yang masuk dari 80 investor tersebut. Kata Bambang, bola investasi ada di pihak swasta yang ingin bergabung tersebut.

“Masih sangat liquid saya belum bisa kasih angka. 80 investor yang sudah serius. Mereka kan yang itung, mereka yang akan menaruh angkanya. Jadi kita menunggu dari mereka baru kita akan diskusi,” ujar Bambang.

Berita Lainnya:
Jokowi Minta Cina Investasi di IKN

Bambang menjelaskan pemerintah sudah menyiapkan berbagai insentif perpajakan untuk bisa mendukung geliat investasi di IKN.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Menyangkut IKN, bahwa tax holiday atau insentif lainnya di IKN lebih besar dan lebih baik dibandingkan di daerah lain di Indonesia. Kita perlakukan lex specialis untuk IKN,” ujar Bambang.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menambahkan, insentif investasi di ibu kota negara (IKN) Nusantara akan jauh lebih besar dan lebih baik dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

“Untuk IKN, saya mempertegas, memperkuat, bahwa tax holiday atau insentif lainnya di IKN lebih besar dan lebih baik ketimbang daerah lain di Indonesia. Karena kita perlakukan lex specialis untuk di IKN,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Menurut Bahlil, fasilitas khusus tersebut diberikan untuk merangsang investasi di IKN. Pasalnya, sebagai program baru, insentif dinilai akan jadi daya tarik agar investor bisa masuk dan menanamkan modalnya di sana.

Berita Lainnya:
Pertamina-Bakrie Group Kembangkan Infrastruktur Riset di IKN

“Ini semua dalam rangka merangsang agar ketika orang melakukan investasi, IRR bisa cepat, BEP (break even point) bisa pasti berapa lama, dan saya yakinkan, kalian tidak rugi investasi di sana,” ujarnya.

Bahlil pun mengibaratkan IKN layaknya gadis cantik dari kampung yang belum mendapat polesan. Ia juga meyakinkan, sebagai mantan pengusaha, tidak mungkin memberikan “pepesan kosong” atau harapan kosong kepada pengusaha lainnya soal proyek di IKN.

“Untuk IKN, biarlah pemerintah yang urus izin-izin semua, yang penting kalian datang aja. Dan sudah, ini barang bagus. IKN ini seperti wanita kampung yang cantik, yang pintar, anggun cuma belum dipoles saja. Saya sebagai orang kampung menjamin barang ini barang bagus. Kalau kami, selalu menganalogikan, dengan latar belakang saya sebagai pengusaha, nggak mungkin saya memberikan pepesan kosong ke para pengusaha,” kata Bahlil.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi