Sabtu, 20/04/2024 - 05:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Rayakan Hari Hijab Dunia, Muslimah Kanada Buat Film Pendek 

ADVERTISEMENTS

Peringatan Hari Hijab Sedunia dimulai pada tahun 2013 di AS.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

KANADA — Sebuah film pendek dibuat oleh muslimah Edmonton, Kanada. Film tersebut membahas kesalahpahaman seputar jilbab dan alasan beberapa muslimah di Edmonton memilih untuk memakai jilbab. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Saya ingin membuat video ini untuk menyebarkan kesadaran dan hanya mendidik orang,” kata Amal Mohamud, pembuat film Edmonton di belakang proyek tersebut, melansir laman cbc.ca, Rabu (1/2/2023).

ADVERTISEMENTS

Acara World Hijab Day didirikan pada tahun 2013 di AS oleh Nazma Khan, untuk membantu menumbuhkan toleransi beragama dan memberikan pendidikan dengan mengajak semua wanita untuk merasakan hijab selama satu hari. Itu terjadi pada 1 Februari. Bagi Mohamud, jilbab melambangkan iman dan ibadahnya. 

“Ini seperti penyerahan diri saya kepada Tuhan saya. Itu mewakili kesopanan, moralitas, privasi, dan hanya menjadi orang baik dan panutan yang baik,”ujar Mohamud.

Jilbab adalah pakaian yang menutupi kepala dan leher. Kesopanan adalah aspek Islam, tetapi tidak semua wanita Muslim memakai penutup kepala. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Mohamud mengatakan dia ingin orang tahu banyak muslimah tidak dipaksa memakai jilbab dan memilih untuk melakukannya. Dalam film yang merupakan bagian dari Jaringan Kreatif CBC yang bertujuan untuk memperkuat suara generasi Kanada berikutnya, Mohamud mewawancarai advokat komunitas Safia Ibrahim dan influencer media sosial Hafsa Bint Yusuf, yang memiliki hampir 200 ribu pengikut di TikTok. 

Berita Lainnya:
Heboh Zara Putri Ridwan Kamil Putuskan Lepas Hijab Bikin Netizen Geleng-geleng...

Ibrahim telah melalui periode yang berbeda dalam hidupnya di mana dia mengenakan dan melepas jilbab. Saat pertama kali datang ke Edmonton, lebih dari sepuluh tahun yang lalu, dia tidak mengenakan penutup kepala.

Saat kuliah, dia mengatakan orang akan memuji penampilan dan rambutnya. Namun sekitar setahun kemudian, dia memutuskan untuk mengenakan hijab lagi karena ingin dikenal sebagai seorang muslim. 

Meski berada di kelompok yang sama, Ibrahim mengatakan teman-teman sekelasnya tidak akan lagi memuji atau bahkan berbicara dengannya. Tapi dia masih orang yang sama.

Namun, Ibrahim mengatakan sikap masyarakat berubah. 

“Sekarang lebih banyak orang yang tahu nama penutup kepala yang saya kenakan. Seperti saya bisa mengatakan hijab dan seseorang akan memahaminya. Padahal sebelumnya mereka hanya mengenal jilbab,”ujar Ibrahim.

Baru-baru ini, putri Ibrahim yang berusia 11 tahun memutuskan untuk juga mengenakan penutup kepala. 

“Dia bilang, karena, Bu, kamu memakainya dan bibiku memakainya dan suka, semua orang memakainya. Jadi aku mau, Aku sangat kagum padanya,” kata Ibrahim.

Berita Lainnya:
Peringatan untuk Ayah Jika tidak Mampu Jadi Kepala Keluarga yang Baik

Sementara itu kisah keluarga Mohamud mengenakan penutup kepala, dia mengatakan muslimah hingga saat ini menjadi sasaran rasisme. 

Menurut Statistics Kanada , ada 71 persen peningkatan kejahatan rasial yang dilaporkan polisi terhadap Muslim di Kanada, dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Pada tahun 2020, seorang pria Edmonton menyerang seorang ibu dan anak perempuan di luar Southgate Center, mendorong salah satu wanita ke tanah, menyebabkan dia kehilangan kesadaran. Jilbab keduanya robek saat insiden itu. Saya merasa jalan masih panjang untuk mengatasi rasisme,” kata Mohamud.

Dia berharap filmnya akan membantu mendiversifikasi film dan televisi Kanada, terutama dalam hal penggambaran wanita Muslim.

Biasanya ketika melihat seorang wanita Muslim di TV, itu karena dia telah diserang. Tapi filmnya ceria, modern, dan menyenangkan. 

“Saya pikir kami tidak pernah benar-benar memiliki film dokumenter yang hanya berfokus pada jilbab,” kata Mohamud. 

Hijab adalah bagian dari identitas muslimah. 

“Kami adalah guru, kami pendidik, kami pemberi pengaruh, kami pembuat film. Kami memiliki kepribadian kami sendiri,”ujar dia.

Sumber:

https://www.cbc.ca/news/canada/edmonton/muslim-women-share-why-they-choose-to-wear-a-hijab-in-new-short-film-1.6732581

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi