Rabu, 24/07/2024 - 23:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Menlu RI: Banyak Negara Tertarik Jadi Mitra ASEAN

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Banyak negara yang menyatakan ketertarikan untuk menjadi mitra ASEAN

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkapkan bahwa banyak negara yang menyatakan ketertarikan untuk menjadi mitra dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Hal tersebut disampaikan oleh Menlu Retno di hadapan para menteri luar negeri ASEAN dalam kegiatan ASEAN Foreign Ministers’ Retreat(AMM) di Jakarta, Sabtu (4/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“ASEAN menerima permintaan dari negara-negara lain, baik untuk mengakses Treaty of Amity and Cooperation (TAC) maupun menjadi mitra ASEAN,” ujar Retno.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Menurut dia, meningkatnya permohonan sejumlah negara untuk menjalin kemitraan dengan ASEAN menegaskan peran penting ASEAN sebagai organisasi yang berpengaruh di kawasan dan global.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Permintaan itu juga menunjukkan bahwa ASEAN mempunyai kekuatan menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Kepercayaan komunitas internasional ini, lanjut Retno, harus dimanfaatkan oleh ASEAN untuk melanjutkan perannya sebagai jangkar stabilitas dan perdamaian regional dengan membangun arsitektur kawasan yang inklusif dan terbuka.

Berita Lainnya:
Anggota Keluarganya Dibunuh Israel, Nyali Ismail Haniyeh tak Gentar Sebut Zionis Delusi
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Dia menyebut beberapa pendekatan yang dilakukan untuk menciptakan kawasan yang damai, yakni dengan membangun kepercayaan dibanding saling curiga, mengedepankan keterlibatan daripada pengecualian, serta semangat kerja sama yang terbuka alih-alih kompetisi dan rivalitas.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno juga menegaskan Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on Indo-Pacific/AOIP), yang disepakati pada 2019, akan menjadi pegangan organisasi regional itu untuk menjawab berbagai tantangan dan menjaga stabilitas di kawasan.

Prinsip AOIP menunjukkan bahwa ASEAN tidak akan berpihak pada negara besar manapun demi menjaga perdamaian kawasan Indo-Pasifik, yang mencakup Asia Pasifik dan Samudera Hindia.

ASEAN saat ini telah menjalin beberapa kerja sama eksternal, baik dengan negara mitra wicara maupun organisasi regional dan internasional lain.

Berita Lainnya:
Berhasil Tembus Tel Aviv, Houthi: Ini Awal Serangan Lebih Besar ke Israel

Mitra wicara ASEAN adalah negara dan organisasi regional atau internasional yang menjadi mitra kerja sama ASEAN di berbagai bidang.

Saat ini, ASEAN memiliki 11 mitra wicara, yaitu Amerika Serikat, Australia, India, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, China, Uni Eropa (EU), dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

ASEAN juga memiliki hubungan dengan mitra-mitra wicara sektor, yaknidengan Pakistan, Norwegia, Swiss, dan Turki serta mitra wicara pembangunan dengan Jerman.

Selain melalui mekanisme kerja sama ASEAN+1 dengan masing-masing mitra wicara, ASEAN menjalin kerja sama melalui mekanisme seperti ASEAN Plus Three (APT) dengan Jepang, Korea Selatan dan China; East Asia Summit (EAS) dengan 18 negara peserta; dan ASEAN Regional Forum (ARF) dengan 27 negara peserta.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَعُرِضُوا عَلَىٰ رَبِّكَ صَفًّا لَّقَدْ جِئْتُمُونَا كَمَا خَلَقْنَاكُمْ أَوَّلَ مَرَّةٍ ۚ بَلْ زَعَمْتُمْ أَلَّن نَّجْعَلَ لَكُم مَّوْعِدًا الكهف [48] Listen
And they will be presented before your Lord in rows, [and He will say], "You have certainly come to Us just as We created you the first time. But you claimed that We would never make for you an appointment." Al-Kahf ( The Cave ) [48] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi