Kamis, 25/04/2024 - 15:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

ITS Naik 50 Peringkat Kampus Terbaik Dunia Versi Webometrics

ADVERTISEMENTS

ITS mempertahankan posisi di tujuh besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

SURABAYA — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya naik 50 peringkat untuk perguruan tinggi terbaik dunia menurut Webometrics Ranking Web of Universities periode Januari 2023. ITS kini berada di posisi 1.146 dari posisi 1.196 pada bulan Juli 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Kenaikan sebanyak 50 peringkat tersebut dipicu oleh peningkatan di seluruh aspek penilaian Webometrics,” kata Sekretaris Institut ITS DrUmi Laili Yuhana di Surabaya, Jumat (3/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan internasional yang menilai dampak konten website dan publikasi penelitian pada perguruan tinggi di dunia. Penilaian tersebut berguna untuk menyebarluaskan akses pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Rektor UMJ Sebut Moralitas Jadi Nilai Penting dalam Demokrasi

Dipublikasikan setiap tahun pada bulan Januari dan Juli, pemeringkatan ini menaungi 31 ribu perguruan tinggi di seluruh dunia. Menurut Yuhana, peningkatan paling signifikan terjadi pada indikator “Openness” alias keterbukaan, yakni sebesar 161 posisi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Yuhana menyebut, indikator penilaian lain, yaitu “Impact” juga mengalami peningkatan dari yang sebelumnya peringkat 955 menjadi 917. Parameter penilaian pada aspek tersebut adalah jumlah jaringan eksternal (subnet) yang tertaut ke halaman website institusi.

Berita Lainnya:
Kompetisi Matematika IKMC 2024 Sukses Diikuti oleh Lebih dari 96 Ribu Peserta di Indonesia

“Dinilai melalui perangkat lunak Search Engine Optimization (SEO) Ahref dan Majestics, ‘Impact’ memiliki bobot penilaian terbesar. Bobotnya sebesar 50 persen dan ITS naik 38 posisi,” kata Yuhana yang juga dosen Departemen Teknik Informatika ITS.

Yuhana menjelaskan peningkatan kualitas pemberitaan institusi menjadi strategi dalam peningkatan indikator “Impact”. Selain itu, sentralisasi manajemen serta pemutakhiran informasi pada website ITS dilakukan demi menjamin informasi yang disajikan selalu terkini.

“Tak hanya kualitas informasi, keamanan website juga ditingkatkan untuk mereduksi adanya broken links dan tindakan kriminal siber,” ujar Yuhana.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi