Jumat, 19/04/2024 - 07:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rusia dan Ukraina Siap Bantu Turki Atasi Dampak Gempa

ADVERTISEMENTS

Rusia dan Ukraina menyatakan siap membantu Turki menangani dampak gempa

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

MOSKOW – Rusia dan Ukraina menyatakan siap membantu Turki menangani dampak gempa dahsyat yang melanda negara tersebut pada Senin (6/2/2023) pagi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Rusia mengatakan, mereka memiliki tim yang terdiri dari 100 personel pencarian dan penyelamatan yang siap dikirim ke Turki. Moskow pun siap mengerahkan dua pesawat Il-76 untuk proses distribusi bantuan.

ADVERTISEMENTS

“Rusia selalu siap membantu negara sahabat yang warganya berada dalam situasi sulit. (Regu) penyelamat kami memiliki semua pengetahuan dan peralatan yang diperlukan,” kata Menteri Situasi Darurat Rusia Alexander Kurenkov dalam sebuah pernyataan, dikutip Anadolu Agency.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, negaranya pun siap memberikan bantuan yang dibutuhkan Turki. “Kami mendukung rakyat Turki di masa sulit ini. Kami siap memberikan bantuan yang diperlukan untuk mengatasi konsekuensi bencana,” ucap Zelensky.

Zelensky berharap Turki dan segenap warganya mampu tegar mengatasi bencana gempa tersebut. “Belasungkawa kami kepada keluarga mereka yang kehilangan nyawa dan berharap pemulihan yang cepat bagi yang terluka,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kanada Akan Larang Penjualan Senjata ke Israel

Sementara itu Uni Eropa telah mengirim regu penyelamat untuk membantu Turki mengevakuasi dan mencari korban gempa. Perhimpunan Benua Biru pun akan mengirim bantuan yang diperlukan Turki.

“Pusat Koordinasi Tanggap Darurat Uni Eropa mengoordinasikan pengerahan tim penyelamat dari Eropa. Tim dari Belanda dan Rumania sudah dalam perjalanan (ke Turki),” kata Komisioner Eropa untuk Manajemen Krisis Janez Lenarcic lewat akun Twitter pribadinya, Senin (6/2/2023).

Dia mengungkapkan, merespons gempa yang terjadi di Turki, Uni Eropa sudah mengaktifkan European Union Civil Protection Mechanism. Sejumlah negara anggota Uni Eropa, seperti Prancis, Jerman, Belgia, Polandia, dan Spanyol telah menyatakan siap mengerahkan tim dan bantuan untuk Turki.

Amerika Serikat (AS) pun telah menyampaikan siap memberikan bantuan apa pun yang dibutuhkan Turki. “AS sangat prihatin dengan laporan gempa bumi yang destruktif hari ini di Turki dan Suriah. Kami siap memberikan setiap dan semua bantuan yang dibutuhkan,” kata Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dalam sebuah pernyataan.

Berita Lainnya:
Warga Israel Protes Anggota Parlemen Malah Reses di Masa Perang

Dia mengungkapkan, Presiden AS Joe Biden telah mengarahkan USAID dan mitra pemerintah federal lainnya untuk menilai opsi tanggapan AS untuk membantu mereka yang paling terdampak gempa. “Kami akan terus memantau situasi dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Turki,” ujar Sullivan.

Pada Senin sekitar pukul 04:17 pagi, gempa bermagnitudo 7,8 mengguncang Turki. Menurut otorita penanggulangan bencana Turki, AFAD, pusat gempa berada di Distrik Pazarcik di Provinsi Kahramanmaras. Gempa terjadi pada kedalaman tujuh kilometer. Beberapa menit kemudian terjadi gempa susulan bermagnitudo 6,4 dan 6,5 yang berpusat di Nurdagi, Provinsi Gaziantep.

Selain di Gaziantep, gempa susulan turut terasa di beberapa wilayah lainnya di Turki, antara lain Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyama, Malatya, Osmaniye, Hatay, dan Kilis. Sejauh ini Turki telah mencatatkan lebih dari 900 korban jiwa akibat gempa. Suriah yang turut terdampak guncangan turut melaporkan lebih dari 300 korban meninggal.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi