Selasa, 16/04/2024 - 17:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Sembilan Hakim MK Dilaporkan Atas Dugaan Ubah Frasa ke Polda Metro Jaya

ADVERTISEMENTS

Sahroni menduga pengubahan putusan sudah dilakukan berulang kali.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Polda Metro Jaya menerima laporan terhadap sembilan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) oleh Zico Leonard Djagardo Simanjuntak pada Rabu (1/2/2023). Laporan itu soal perubahan frasa dalam putusan MK Nomor 103/PUU-XX/2022 tentang Uji Materi UU Nomor 7 Tahun 2020 tentang MK.

ADVERTISEMENTS

Dalam salinan putusan tersebut ada satu frasa yang berbeda dari yang dipublikasi di situs MK dengan putusan yang dibacakan hakim konstitusi di sidang 23 November 2022. Perubahan itu ada di kalimat ‘dengan demikian’ diubah menjadi ‘ke depan’.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, meminta Polri mengusut tuntas laporan kepada sembilan hakim MK terkait dugaan perubahan putusan. Sebab, perubahan kata menjadi sangat penting dalam putusan MK.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pasca-Penetapan 15 Tersangka Pungli Rutan KPK, ICW: Gali Keterlibatan Pihak Lain

Sahroni menduga, ini sudah dilakukan berulang kali oleh oknum-oknum yang bermain terhadap perubahan frasa dalam putusan MK tersebut. Karenanya, ia meminta kasus ini diproses dan diusut karena pasti ada oknum-oknum yang bermain terkait itu.

“Bukan satu atau dua kali terjadi pengubahan satu kata penting di dokumen penting negara. Ini jelas lahan jual beli,” kata Sahroni, Ahad (5/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Selain terhadap sembilan hakim MK, Zico turut melaporkan satu panitera dan satu panitera pengganti dalam kasus itu. Sahroni berharap, dugaan perubahan frasa dalam putusan MK tersebut dapat diusut kepolisian sampai terang benderang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Tidak Bawa SIM/STNK, Cukup Video Call Orang Rumah di Depan Polisi untuk Hindari Tilang?

Sahroni turut meminta MK proaktif membantu kepolisian dalam mengungkap kasus tersebut. Serta, mengusulkan kepada pimpinan-pimpinan DPR RI untuk menjadwalkan rapat Komisi III DPR dengan MK agar dapat memerjelas permasalahan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Menurut Sahroni, kepolisian dapat mengusut dugaan upaya-upaya pemalsuan terhadap putusan Nomor 103/PUU-XX/2022 tentang uji materi UU Nomor 7 Tahun 2020 tentang MK tersebut. Ia menilai, sikap proaktif MK diperlukan demi nama baik institusi. “Kita jadwalkan undang rapat sama MK masa sidang yang berikut,” ujar Sahroni.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sumber: Republika

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi