Kamis, 18/04/2024 - 11:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Uni Eropa Kirim Regu Penyelamat ke Turki

ADVERTISEMENTS

AS telah menyampaikan siap memberikan bantuan apa pun yang dibutuhkan Turki.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 BRUSSELS – Uni Eropa mengirim regu penyelamat untuk membantu Turki mengevakuasi dan mencari korban gempa. Perhimpunan Benua Biru pun akan mengirim bantuan yang diperlukan Turki.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Pusat Koordinasi Tanggap Darurat Uni Eropa mengoordinasikan pengerahan tim penyelamat dari Eropa. Tim dari Belanda dan Rumania sudah dalam perjalanan (ke Turki),” kata Komisioner Eropa untuk Manajemen Krisis Janez Lenarcic lewat akun Twitter pribadinya, Senin (6/2/2023).

ADVERTISEMENTS

Dia mengungkapkan, merespons gempa yang terjadi di Turki, Uni Eropa sudah mengaktifkan European Union Civil Protection Mechanism. Sejumlah negara anggota Uni Eropa, seperti Prancis, Jerman, Belgia, Polandia, dan Spanyol telah menyatakan siap mengerahkan tim dan bantuan untuk Turki.

Berita Lainnya:
Rumah Sakit Al Amal di Gaza Kembali Beroperasi

Amerika Serikat (AS) pun telah menyampaikan siap memberikan bantuan apa pun yang dibutuhkan Turki. “AS sangat prihatin dengan laporan gempa bumi yang destruktif hari ini di Turki dan Suriah. Kami siap memberikan setiap dan semua bantuan yang dibutuhkan,” kata Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dalam sebuah pernyataan.

Dia mengungkapkan, Presiden AS Joe Biden telah mengarahkan USAID dan mitra pemerintah federal lainnya untuk menilai opsi tanggapan AS untuk membantu mereka yang paling terdampak gempa. “Kami akan terus memantau situasi dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Turki,” ujar Sullivan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pada Senin sekitar pukul 04:00 pagi, gempa bermagnitudo 7,8 mengguncang Turki. Pusat gempa berada di Nurdagi, Provinsi Gaziantep. Getaran gempa terasa hingga Suriah dan Lebanon. Menurut Wakil Presiden Turki Fuat Oktay, sejauh ini korban tewas di negaranya akibat gempa tersebut mencapai 284 jiwa. Sementara jumlah korban luka melampaui 2.300 orang.

Berita Lainnya:
Sejumlah Jurnalis Terluka Akibat Serangan Israel, dari Luka Ringan Hingga Amputasi Kaki

Sementara itu, laporan media pemerintah Suriah, Syrian Arab News Agency (SANA) mengungkapkan, jumlah korban tewas di negaranya akibat gempa Turki telah mencapai 237 jiwa. Sementara korban luka lebih dari 630 orang. Wilayah Suriah yang terdampak gempa antara lain Damaskus, Hama, Idlib, dan Aleppo. Sejumlah bangunan runtuh di wilayah-wilayah tersebut.

Jumlah korban tewas dan luka diperkirakan masih akan terus bertambah. Sebab saat ini operasi pencarian korban yang tertimbun reruntuhan masih berlangsung.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi