Jumat, 19/04/2024 - 00:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Turki Tetapkan Sepekan Masa Berkabung Akibat Gempa

ADVERTISEMENTS

Dalam laporan terbaru, sekitar 2.921 orang meninggal dan 15.834 lainnya luka-luka.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 ANKARA — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan pada Senin (6/2/2023), negara itu akan memperingati tujuh hari berkabung nasional setelah gempa bumi mematikan melanda beberapa provinsi selatan. Bendera setengah tiang akan dikibarkan sebagai bentuk duka cita atas bencana tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Karena gempa bumi yang terjadi di negara kita pada 6 Februari, masa berkabung nasional diumumkan selama tujuh hari. Bendera kita akan dikibarkan setengah tiang hingga matahari terbenam pada hari Minggu, 12 Februari, di seluruh negara kita dan perwakilan di luar negeri,” kata Erdogan di Twitter.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Sebut RS Gudang Senjata, Israel Terus Bombardir Layanan Kesehatan

Gempa berkekuatan 7,7 mengguncang Kahramanmaras dan mengguncang kuat beberapa provinsi tetangga, termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay, dan Kilis pada Senin dini hari. Kemudian, pada pukul 13.24, gempa lanjutan berkekuatan 7,6 juga berpusat di Kahramanmaras melanda wilayah tersebut.

Dalam laporan terbaru, sekitar 2.921 orang meninggal  dan 15.834 lainnya luka-luka di 10 provinsi Turki akibat dua gempa kuat. Kepala Presidensi Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) Yunus Sezer mengatakan dikutip dari Anadolu Agency, gempa tersebut diikuti oleh 243 gempa susulan dan 6.217 bangunan runtuh.

Berita Lainnya:
EU: Gencatan Senjata Keputusan Krusial Demi Hindari Kelaparan di Gaza

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan, bahwa 338 ribu korban gempa telah ditampung di asrama, universitas, dan tempat penampungan. Sedangkan sekitar 16.400 personel pencarian dan penyelamatan bekerja di wilayah yang terdampak gempa.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sejauh ini 65 negara telah menawarkan bantuan. Manajer umum pengurangan risiko AFAD Orhan Tatar mengatakan, 250 juta lira Turki dana darurat telah dikirim ke provinsi-provinsi di daerah bencana sejauh ini.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi