Rabu, 17/04/2024 - 06:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Wacana Penghapusan Jabatan Gubernur, PDIP DKI: Gubernur Bermanfaat Bagi Rakyat Jakarta

ADVERTISEMENTS

Cak Imin menilai fungsi gubernur tak efektif dengan alokasi anggaran besar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menegaskan tak setuju dengan wacana penghapusan jabatan gubernur. Ia tak sependapat dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar terkait wacana ini.

ADVERTISEMENTS

Menurut Gembong, jabatan gubernur perlu dipertahankan, terutama di DKI Jakarta. “Masih sangat dibutuhkan. Kami masih sangat merasakan fungsi dari gubernur, sangat bermanfaat bagi rakyat Jakarta. Apalagi Jakarta sebagai daerah otonom, yang otonomnya adalah tingkat provinsi,” kata Gembong di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Dia menuturkan, gubernur memiliki fungsi sebagai wakil dari pemerintah pusat di tingkat daerah. Menurutnya, gubernurlah yang menyinkronisasi kebijakan pusat dan daerah. Atas dasar itu, menurut PDIP DKI Jakarta, jabatan gubernur dinilai masih sangat penting.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Perjalanan Karier Babe Cabita, Bermula Hobi Ngelawak di Twitter hingga jadi Komika Ternama

Namun, saat disinggung mengenai mekanisme pemilihan gubernur, Gembong berpendapat perlu adanya kajian. Hal itu sejalan dengan munculnya narasi pemilihan gubernur bukan oleh masyarakat, melainkan lewat Presiden atau langsung oleh DPRD.

“Ini perlu dikaji juga, tapi soal keberadaan gubernur masih perlu. Tapi soal mekanisme pemilihan gubernur apakah oleh DPRD, apakah oleh masyarakat, itu perlu kajian. Jadi, jangan dipersoalkan posisi gubernurnya, tapi soal mekanisme pemilihan, mungkin ada penghematan dan sebagainya, mungkin itu bisa saja dilakukan,” tegasnya.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Sebelumnya diketahui, Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengusulkan pemilihan gubernur secara langsung dihapuskan. Jika memungkinkan, jabatan gubernur juga dihapuskan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Dishub Sumbar ingatkan Warga Tentang Bahaya Minta Sumbangan di Jalan

“Pemilihan gubernur tidak lagi (langsung) karena melelahkan. Kalau perlu nanti gubernur pun tidak ada lagi karena tidak terlalu fungsional dalam jejaring pemerintahan,” ujar Cak Imin dalam Sarasehan Nasional Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU), Senin (30/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Cak Imin menjelaskan, penghilangan jabatan gubernur karena pada dasarnya fungsinya terlampau tidak efektif dan disertai alokasi anggaran besar. “Tahap pertama ditiadakan karena fungsi gubernur hanya penyambung antara pemerintah pusat dan daerah,” kata Cak Imin.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sumber: Republika

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi