Jumat, 19/04/2024 - 18:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

641.635 Guru Madrasah Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

ADVERTISEMENTS

Pemanfaatan teknologi menjangkau seluruh lapisan stakeholders madrasah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Kementerian Agama baru saja menyelesaikan tahapan Sosilalisasi dan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah. Giat yang digawangi Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam ini berlangsung 13 hari, 27 Januari – 8 Februari 2023.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Memanfaatkan teknologi Zoom Meet dan YouTube Streaming, kegiatan ini dapat diikuti lebih 600ribu peserta dalam empat angkatan penyelenggaraan, yaitu: jenjang Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

ADVERTISEMENTS

“Alhamdulillah, perkembangan teknologi sangat memudahkan proses sosialisasi dan bimtek. Dalam 13 hari penyelenggaran, total ada 641.635 guru madrasah yang terlibat. Ini tentu sangat efektif dari sisi waktu dan efisien dari anggaran,” terang Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani di Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Pemanfaatan teknologi menjangkau seluruh lapisan stakeholders madrasah yang sangat luas dan beragam. Maklum, saat ini madrasah sudah menjadi pilihan utama masyarakat sehingga Kementerian Agama perlu terus melakukan upaya perbaikan mutu pendidikan madrasah, termasuk dalam aspek pengembangan sumber daya manusia. 

Berita Lainnya:
Kemenag Rilis Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Gayo

“Kurikulum Merdeka memberi ruang yang luas bagi guru dan siswa untuk berkreasi dan mengembangkan seluruh potensinya. Siswa mengalami proses belajar dengan bahagia. Saya harap guru mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang,” paparnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Secara keseluruhan, kegiatan sosialisasi dan bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah merupakan upaya Kementerian Agama untuk membumikan kebijakan Kurikulum Merdeka dan madrasah bisa optimal menyiapkan pelaksanaan kurikulum merdeka,” sambungnya.

 

Sosialisasi dan Bimtek ini menghadirkan para praktisi pendidikan madrasah yang berpengalaman. Materi yang dibahas meliputi pengantar IKM, kebijakan IKM pada madrasah, penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah, pembelajaran, asesmen, praktik baik P5 PPRA, dan pendaftaran IKM melalui PDUM. 

“Alhamdulillah kegiatan sosialisasi dan bimtek IKM pada madrasah berjalan lancar dan sukses. Ratusan ribu guru, kepala dan pengawas madrasah mengikuti bimtek dari awal sampai akhir. Kegiatan ini bertujuan untuk membumikan kebijakan kurikulum merdeka dan memberikan pengayaan wawasan serta keterampilan kepada guru madrasah dalam mengajar sesuai spirit kurikulum merdeka,” terang Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom.

Berita Lainnya:
Cara Menghormati Masjid Sesuai Sunnah Nabi Muhammad

Dalam catatan panitia, peserta yang mengikuti bimtek lewat zoom meeting tersebar di 4.000 titik lokasi. Total ada 179.098 orang yang ikut zoom meeting, baik dari jenjang RA, MI, MTs dan MA/MAK.  

Sementara jumlah view untuk sosialisasi dan bimtek IKM melalui YouTube Streaming mencapai 462.537 orang. Jumlah ini terdiri 75.323 view untuk jenjang MA, 125.899 view untuk MTs, 144.802 untuk MI, dan 116.513 untuk RA.

 

“Jadi, total ada 641.635 orang yang mengikuti bimtek ini, baik melalui zoom maupun streaming,” tandas Isom.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi