Jumat, 19/04/2024 - 06:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

KKP: Program Ekonomi Biru Pacu Hilirirasi Sektor Perikanan

ADVERTISEMENTS

Implementasi ekonomi biru akan meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menegaskan implementasi program-program ekonomi biru akan memacu tumbuhnya industri hilirisasi sektor perikanan di Indonesia. Langkah tersebut sekaligus meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kami punya lima kebijakan ekonomi biru sebagai roadmap pengelolaan sektor kelautan dan perikanan yang berkelanjutan,” ujar Trenggono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

ADVERTISEMENTS

Trenggono menjelaskan kebijakan tersebut meliputi penangkapan ikan terukur berbasis kuota, yang mana nantinya kapal harus berangkat dan mendaratkan hasil tangkap di pelabuhan yang sama dan ikan tidak boleh dipindahkan ke kapal lain sebelum didaratkan untuk dihitung. Dia menilai hal ini memiliki efek berganda yang besar sehingga distribusi pertumbuhan ekonomi tidak melulu di Pulau Jawa.

Berita Lainnya:
Bappenas Ceritakan Alasan Zakat Wakaf Impact Forum Dicetuskan

Trenggono menyampaikan transformasi tata kelola sub sektor perikanan tangkap dengan hadirnya kebijakan PIT akan mendorong tumbuhnya industri hilir perikanan di sekitar pelabuhan, seperti unit pengolahan ikan, distribusi produk perikanan, serta usaha-usaha lain untuk yang akan menyokong produktivitas perikanan di wilayah tersebut. Hal itu dipacu oleh mekanisme perikanan tangkap yang mengharuskan kapal penangkap mendaratkan ikan di pelabuhan perikanan yang telah ditetapkan pemerintah, yakni di sekitar lokasi penangkapan. Mekanisme tersebut menurut 

Berita Lainnya:
Jadi Operator Mudik Gratis, Damri Pastikan Kesiapan Armada

“Untuk menghadirkan pemerataan distribusi pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi penangkapan, sehingga tidak lagi terpusat di Pulau Jawa,” lanjut Trenggono. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi