Kamis, 25/04/2024 - 14:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Childfree dalam Islam, Bagaimana Hukumnya Menurut Agama?

ADVERTISEMENTS

Muslim diajak berhati-hati menerima ide yang bertentangan dengan syariat Islam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Founder @sekolahmuslimah.bahagia, Ustazah Tria Meriza, turut menyoroti keputusan childfree yang kembali viral belakangan ini. Paham tersebut lagi-lagi diperdebatkan menyusul komentar seorang influencer sekaligus Youtuber Gita Savitri (Gitasav) yang mengaitkannya dengan “awet muda”.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menurut Ustazah Tria, dalam Islam, haram bagi pasangan suami istri Muslim mengadopsi ide childfree karena empat alasan. Pertama, ide childfree lahir dari ideologi masyarakat barat yang berlandaskan sekulerisme atau memisahkan agama dengan kehidupan keluarga.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Atau hanya mempertimbangkan sesuatu berdasarkan prinsip manfaat semata bukan karena halal dan haram,” kata Ustazah Tria melalui reels di akun Instagram-nya, dikutip Republika.co.id, Jumat (10/2/2023).

ADVERTISEMENTS

Kedua, ide ini juga didasarkan pada kekhawatiran akan mengalami kesulitan finansial jika punya anak. Hal itu jelas bertentangan dengan akidah Islam karena Allah SWT telah menjamin rezeki setiap makhluknya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Tips Redakan Batuk dan Pilek pada Anak, Ini 5 Tindakan yang Perlu Dilakukan Orang Tua

Ketiga, ide ini justru bertentangan dengan syariat Islam yang menyatakan bahwa prinsip pernikahan itu untuk berketurunan dan memiliki anak. Kaidah ini terdapat dalam Alquran Surah an-Nahl Ayat 2.

Alasan keempat, ide ini juga bertentangan dengan syariat Islam yang mendorong pasangan suami istri Muslim untuk memiliki banyak anak. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW, dianjurkan menikahi wanita yang penyayang lagi subur atau bisa memiliki banyak keturunan.

“Maka sesungguhnya aku akan berbangga-bangga dengan banyaknya kalian di depan umat lainnya pada hari Kiamat”. (HR Abu Daud, an-Nasa`i dan Ahmad, dan sanadnya shahih).

“Maka hendaklah kita berhati-hati menerima ide yang bertentangan dengan syariat Islam. Banyak anak itu menyenangkan kok,” kata dia.

Berita Lainnya:
Tips Sehat Konsumsi Hidangan Lebaran, Jangan Panaskan Makanan Bersantan Berulang-ulang

Di awal video, Ustazah Tria juga memaparkan bahwa menurut Wikipedia, ide childfree ini adalah sebuah keputusan atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak, baik anak kandung, anak tiri, maupun anak angkat. Ide ini umumnya diadopsi oleh pasangan suami istri yang hanya ingin menikmati hidup berdua dengan pasangan tanpa adanya anak.

Penggunaan istilah childfree untuk menyebut orang-orang yang memilih tidak memiliki anak ini mulai muncul di akhir abad 20 di negara barat, seperti Amerika Serikat (AS), Prancis, Inggris, dan lainnya. Alasan orang menganut ide ini bisa karena beragam alasan, mulai dari mengejar karier, sulit menemukan pasangan yang cocok, kekhawatiran finansial maupun takut tidak bisa mendidik anak.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi