Kamis, 18/04/2024 - 16:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tanda Penyakit Jantung yang Sering Dianggap Sepele Padahal Berbahaya

ADVERTISEMENTS

Ada beberapa tanda dan gejala vital penyakit jantung yang tidak boleh diabaikan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Penyakit jantung sangat umum terjadi pada orang tua atau orang dewasa baik pria atau wanita. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau strok.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, kadar gula darah tinggi, perokok, dan orang yang mengalami stres bisa menjadi sasaran empuk masalah jantung. Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah jantung juga dapat mengalaminya dalam waktu dekat. Anda perlu menjaga kesehatan dan menghindari mengabaikan tanda-tanda masalah jantung.

ADVERTISEMENTS

Konsultan bedah jantung di Sir HN Reliance Foundation Hospital and Research Centre, Mumbai, India, dr Bipeenchandra Bhamre, menyoroti beberapa tanda dan gejala vital penyakit jantung yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya hal itu adalah tanda bahaya yang harus diperhatikan. Berikut penjelasannya seperti dilansir laman Hindustan Times, Jumat (10/2/2023):

Berita Lainnya:
Anak Sering Sakit Belum Tentu Imunnya Akibat Kurang Baik, Coba Cek Apakah Alergi Sesuatu?

1. Rasa tidak nyaman di dada

Jika merasakan hal ini, artinya ada yang tidak beres dengan jantung Anda. Beberapa orang merasa ada sensasi seperti terdorong dan terbakar di dada. Utamanya, setelah berjalan atau melakukan beberapa pekerjaan. Ketidaknyamanan dada dapat mengindikasikan penyakit arteri koroner pada beberapa pria. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter dan baru mulai dengan perawatan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

2. Mual, gangguan pencernaan, dan sakit perut

Pada beberapa pasien, sakit perut merupakan gejala penyakit jantung.

3. Nyeri di lengan

Tahukah Anda? Ketika rasa sakit menyebar dari dada ke lengan kiri, itu dikenal sebagai serangan jantung. Mati rasa dan lemas juga terlihat pada bahu dan lengan kiri.

4. Pusing

Jika jantung tidak mampu memompa darah ke otak dan bagian lain, seseorang dapat merasa pusing. Ini terjadi karena kekurangan oksigen ketika tidak ada jumlah aliran darah yang dibutuhkan dalam tubuh. Sakit kepala ringan dan pusing dapat dikaitkan dengan aritmia jantung dan bahkan kardiomiopati.

Berita Lainnya:
Gejala Penyakit Jantung Bukan Hanya Nyeri Dada, Tandanya Juga Terlihat di Kaki-Jari Kaki

5. Nyeri jantung

Nyeri jantung atau angina adalah nyeri dada bagian tengah yang menjalar ke bahu kiri atau nyeri tenggorokan. Ini terjadi setelah berjalan atau melakukan aktivitas lain.

Jangan ragu untuk memberitahu dokter Anda bahwa Anda mengalami ketidaknyamanan atau nyeri angina setelah berjalan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Dr Bipeenchandra Bhamre menyarankan untuk mencegah penyakit jantung. Penting bagi Anda untuk berolahraga setiap hari, mengonsumsi makanan yang seimbang, tetap bebas stres, dan menjaga berat badan yang optimal.

Cobalah untuk menjalani hidup sehat untuk merawat jantung Anda sepenuhnya. Lakukan pemeriksaan kesehatan jantung secara teratur seperti yang disarankan oleh dokter setiap 6 bulan sekali. Kurangi merokok untuk menjaga jantung tetap kuat.

“Lebih baik melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan tindak lanjut seperti yang disarankan oleh dokter,” kata dia.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi