Sabtu, 20/04/2024 - 00:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Tidak Ada WNI Jadi Korban Gempa Suriah

ADVERTISEMENTS

Terdapat 116 WNI tinggal di wilayah terdampak gempa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA –Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia/Badan Hukum Indonesia (PWNI/BHI) Kemenlu  Yudha Nugraha mengatakan Kedutaan Besar RI Damaskus mengirimkan dua tim ke lokasi WNI di Suriah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Turki dan negara yang hancur oleh perang saudara itu diguncang gempa bermagnitudo 7,8 itu pada awal pekan ini. “KBRI mengirimkan dua tim ke dua titik di mana WNI berada yaitu di Aleppo dan Latakia,” kata Yudha dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (10/2/2023).

ADVERTISEMENTS

Kedua tim berkoordinasi dengan perwakilan setempat, mengecek ke setiap rumah sakit. Yudha mengatakan tim telah berkomunikasi dengan WNI di Suriah. “Alhamdullilah tidak ada warga Indonesia menjadi korban baik meninggal maupun luka-luka,” katanya.

Berita Lainnya:
Korsel, Jepang ,dan AS Libatkan Kapal Induk dalam Latihan Gabungan

Ia menambahkan, terdapat 116 WNI tinggal di wilayah terdampak gempa. Sebelumnya dilaporkan Juru bicara Dana PBB untuk Anak (UNICEF) James Elder mengatakan, gempa di Turki dan Suriah awal pekan lalu mungkin menewaskan ribuan anak. 

Di Jenewa, Swiss, Elder mengatakan pengungsi Suriah di utara negara itu dan di Turki korban gempa yang paling rentan. Di Kota Hama, Suriah, seorang warga, Abdallah al Dahan mengatakan pemakaman beberapa keluarga sudah mulai dilakukan Selasa (7/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Perwakilan PBB Palestina: Jangan Biarkan Kelaparan Terjadi Berlarut-larut

“Ini pemandangan yang sangat mengerikan dari segala sisi, seluruh hidup saya saya tidak pernah melihat yang seperti ini, meski semuanya telah terjadi pada kami,” kata Dahan.

Di Suriah, upaya bantuan diperumit konflik yang telah memecah belah negara dan menghancurkan infrastrukturnya. Konvoi bantuan PBB memasuki Suriah di persimpangan Bab Al Hawa.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendorong lebih banyak akses kemanusiaan ke Suriah barat laut. Dia mengatakan, akan sangat membantu jika PBB dapat menggunakan lebih dari satu penyeberangan perbatasan untuk memberikan bantuan.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi