Jumat, 19/04/2024 - 19:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Dirjen PHU: Petugas Haji Wajib Miliki Sikap Ramah Lansia

ADVERTISEMENTS

Petugas yang nanti terpilih akan bisa mengetahui karakteristik lansia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mewajibkan seluruh petugas haji bersikap ramah dengan jamaah. Sikap ini utamanya ditujukan pada mereka yang lanjut usia (lansia).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pesan ini disampaikan dalam sambutannya di kegiatan Sinkronisasi dan Rapat Teknis Admin Seleksi Calon Petugas Haji Daerah. Ia menekankan hal tersebut kepada seluruh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), baik PPIH Kloter, PPIH Non Kloter, maupun Petugas Haji Daerah (PHD).

ADVERTISEMENTS

Menurut Hilman, pihaknya tengah menyiapkan standarisasi pelayanan khusus jamaah lansia. Ia juga mengaku telah bertemu dengan pihak Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia).

Berita Lainnya:
Diam-Diam Sahabat Nabi Muhammad Ini Tahu Kapan Malam Lailatul Qadar, Kapan?

”Kami juga tengah menyusun sistem standarisasi pelayanan khusus jamaah lansia ini. Bagaimana petugas haji bisa mempunyai sikap ramah lansia, kita akan adakan pelatihan, bertemu dengan Center of Aging Learning Studies,” ujarnya dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Sabtu (11/2/2023).

Dengan adanya standardisasi dan pelatihan itu, ia menyebut bisa dipastikan petugas yang nanti terpilih akan bisa mengetahui karakteristik lansia, termasuk jika mengalami gejala penyakit awal. Pada musim haji tahun 1444H/2023M ini, kata Hilman, ada kurang lebih 62 ribu jamaah haji lansia yang harus difasilitasi dan dilayani dari aspek Ibadah maupun layanan lainnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Oleh karena itu, kami mempersiapkan berbagai hal terkait mitigasi layanan lansia dengan standar, aspek kesehatan maupun layanan umumnya,” lanjut dia.

Berita Lainnya:
Tersangka Korupsi Timah Hidup Bergelimang Harta, Ini Ayat Alquran tentang Harta

Petugas haji tersebut nantinya akan diberikan wawasan khusus dalam menangani jamaah lansia ini. Tahun ini Kemenag memiliki program Haji Ramah Lansia. Petugas haji nantinya disebut harus mempunyai semangat, antusiasme, tenaga, energi, serta bisa berbicara dengan orang tua dengan menggunakan bahasa yang baik, memuliakan mereka.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Bina Haji Arsad Hidayat, Kepala Sub Direktorat Bina Petugas Muhammad Khanif, 34 Kepala Biro Kesra Sektetaris Daerah, serta para Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi seluruh Indonesia. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi