Kamis, 25/04/2024 - 22:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

SMPN di Bengkayang Tanamkan Nilai Toleransi di sekolah

ADVERTISEMENTS

Toleransi menjadi kunci keberlangsungan bangsa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 PONTIANAK — Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bengkayang, Kalimantan Barat menjadi satu di antara sekolah di daerah itu yang selalu memastikan bahwa pentingnya menanamkan nilai keberagaman dan toleransi agar pelajar bisa saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Terhadap peserta didik dan lingkungan sekolah, selalu kami tanamkan nilai keberagaman dan toleransi yang diimplementasikan di setiap momen hari keagamaan. Hal tersebut penting dilakukan, mengingat peserta didik nantinya akan keluar di masyarakat dan kiranya dapat diimplementasikan,” ujar Kepala SMPN 1 Bengkayang, Emiliana saat dihubungi di Bengkayang, Sabtu (11/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ia mencontohkan kegiatan untuk menanamkan keberagaman dan toleransi seperti pada saat momen peringatan hari raya umat muslim Idul Fitri diadakannya adakan giat halal bihalal. Begitu pula untuk hari keagamaan lain dengan menyesuaikan dengan kepercayaan masing-masing.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Karomah Amir bin Abd Qais, Mampu Taklukkan Ular dan Singa

“Termasuk yang terbaru momentum hari raya Imlek, kami juga melakukan perayaan dengan menggelar Imlek bersama. Hal tersebut dilakukan lantaran di lingkungan SMPN 1 Bengkayang memiliki latarbelakang suku, agama, ras, budaya, dan sebagainya yang notabene beragam. Atas dasar itu pentingnya nila keberagaman dan toleransi ditanamkan,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Apabila sekolah tidak menanamkan nilai toleransi atau menghargai satu sama lain, tentu akan menimbulkan kesenjangan.

“Itu yang tidak kita inginkan. Maka dari itu kita selaku tekankan untuk saling belajar menghargai antar sesama,” papar dia.

Dalam waktu dekat akan memasuki bulan suci Ramadhan. Berkenaan dengan itu, pihaknya sudah mewanti-wanti tiap murid untuk saling menghargai. Salah satu upaya yang dilakukan adalah, yang non muslim tidak dibolehkan makan maupun minum di depan teman yang sedang berpuasa.

Berita Lainnya:
Makna Asmaul Husna Ash Shabur: Bersabar dan tidak Bergantung pada Manusia

“Jadi ini kita lakukan untuk memupuk nilai toleransi beragama. Sehingga mereka yang berpuasa bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk,” ujarnya.

Ia berharap, dengan melakukan hal seperti itu, ke depan pelajar di lingkungan SMPN 1 Bengkayang memiliki karakter yang baik.

“Kita mau anak-anak yang keluar dari SMPN 1 Bengkayang tidak hanya pintar dari sisi akademik, tapi juga punya karakter baik. Termasuk saling menghargai dan tinggi toleransi dalam beragama,” papar dia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi