Jumat, 26/04/2024 - 00:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Erick Thohir: BUMN Siap Bantu Tekan Ongkos Haji

ADVERTISEMENTS

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan paparan pada rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/2/2023). Erick berkomitmen mendorong perusahaan pelat merah untuk membantu menekan biaya keberangkatan haji.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkomitmen mendorong perusahaan pelat merah untuk membantu menekan biaya keberangkatan haji. Kendati demikian, Erick ingin penugasan yang diberikan kepada PT Garuda Indonesia (Persero) dilakukan secara profesional dengan mengedepankan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Pada intinya, kita pasti mendorong dalam membantu masyarakat naik haji,” ujar Erick usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Abu Dhabi Islamic Bank Dikabarkan Bakal Beli Saham BSI

Erick menyampaikan faktor avtur menjadi salah satu komponen utama dalam menentukan biaya operasional penerbangan. Erick menilai adanya kompensasi avtur tentu akan mampu menekan ongkos penerbangan dari Garuda untuk para calon jamaah haji. 

ADVERTISEMENTS

“Kalau bicara penerbangan itu harga avtur bisa juga dibantu kompensasi. Misalnya, contoh, apakah dari porsi SKK migas, pajak dibantu, itu kan mengurangi harga avtur,” ucap Erick.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Erick menyebut penugasan kepada Garuda juga harus dibarengi dengan skema business to business (B to B) yang saling menguntungkan. Hal ini penting dalam menjaga operasional Garuda untuk tetap sehat.

“Selama BUMN membantu, kita terbuka, tapi konteksnya B to B. Jangan sampai disalahkan kalau ada apa-apa lagi. Jangan sampai Garuda yang direstrukturisasi, ada penugasan lagi, sakit lagi. Karena itu konteksnya B to B,” kata Erick. 

Berita Lainnya:
SK Alokasi Tambahan Pupuk Subsidi Keluar, Ini Pesan Mentan ke Kepala Daerah dan Petani

Tidak hanya Garuda, Erick mengatakan BUMN berkomitmen penuh dalam membantu meringankan dan memudahkan masyarakat untuk beribadah ke tanah suci. PT Bank Syariah Indonesia (BSI), ucap Erick, membuka diri dalam penyediaan gelang haji.

“Contoh kemarin ada isu mengenai gelang yang saya juga tidak ngikutin, saya cuma baca di media, mestinya Rp 1 miliar jadi Rp 5 miliar. Kalau BSI bisa bantu, kenapa tidak? Kan tetap B to B. Misalnya BSI menyuplai gelang, lalu jadi nasabahnya BSI,” kata Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) tersebut. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi