Sabtu, 20/04/2024 - 07:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Gempa Menambah Penderitaan Perang Bagi Perempuan Suriah

ADVERTISEMENTS

 ATAREB — Ayesha dan cucu perempuannya yang masih balita berjalan kaki selama 15 menit dari tenda penampungan ke kamar mandi terdekat. Sembari menggunakan selendang wol tebal untuk melawan hawa dingin, Ayesha harus menempuh jarak yang lumayan jauh untuk mengakses kamar mandi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Tujuh hari setelah gempa meratakan bangunan di Kota Atareb, Suriah barat laut, Ayesha tidak memiliki akses air, listrik, atau pemanas untuk dirinya dan 12 anggota keluarganya. Semua anggota keluarga dari perempuan berusia 43 tahun itu ditempatkan ke dalam satu tenda.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Ketika saya melihat rumah kami, saya bertanya-tanya bagaimana ada orang yang bisa keluar hidup-hidup?. Mungkin akan lebih baik jika saya mati. Saya selamat dari bawah puing-puing itu membawa reruntuhan seluruh dunia di pundak saya,” ujar Ayesha.

ADVERTISEMENTS

Kaum perempuan telah memikul tanggung jawab besar dalam menjaga keluarga yang hancur selama 12 tahun terakhir perang saudara.  Konflik dan keruntuhan ekonomi membuat jutaan orang bergantung pada bantuan internasional. Sekarang beban kesulitan warga Suriah bertambah akibat bencana gempa.

Rumah sakit dibanjiri korban gempa. Oleh karena itu, Ayesha tidak bisa mendapatkan layanan medis untuk merawat dan memantau penyakit livernya. Ayesha dan suaminya sama-sama kehilangan sumber pendapatan akibat gempa. Taksinya hancur, dan stok pakaian yang dia jual juga hancur.

Mereka tidak punya apa-apa untuk menafkahi keenam anak mereka dan lima cucu mereka, termasuk dua yang dia asuh setelah salah satu putranya terbunuh dalam perang.  Mereka harus berbagi kasur untuk tidur di tenda secara berhimpitan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Jika kesulitan adalah tanda cinta Tuhan, berarti Tuhan sangat mencintai rakyat Suriah,” kata Aisyah sambil berlinang air mata.  

Berita Lainnya:
Korsel-Malaysia Lanjutkan Perjanjian Perdagangan yang Lama Mandek

Seperti kebanyakan wanita di komunitas konservatif ini, Ayesha merahasiakan nama belakangnya. Tenda Ayesha dan keluarganya berada di sebuah kamp untuk korban gempa di Atareb, bagian dari wilayah yang dikuasai oposisi terakhir di Suriah barat laut.

Wilayah ini telah mengalami pengeboman dan pertempuran selama bertahun-tahun. Berjalan di antara deretan rumah yang hancur di kota tersebut, sulit untuk membedakan mana yang runtuh akibat gempa dan mana rumah yang hancur akibat operasi militer yang intens di puncak pertempuran.

Perang Suriah telah memuat beban dan isolasi khusus pada wanita. Banyak pria Suriah yang terbunuh di medan perang, ditahan, cacat, atau dipaksa keluar dari negara tersebut. Oleh karena itu, menurut PBB, jumlah rumah tangga yang dikepalai perempuan di seluruh Suriah meningkat sekitar 80 persem menjadi lebih dari seperlima rumah tangga pada 2020.

Bahkan sebelum gempa, lebih dari 7 juta perempuan dan anak perempuan di seluruh Suriah membutuhkan layanan kesehatan kritis dan dukungan terhadap kekerasan fisik dan seksual.  Perkawinan anak meningkat, dan ratusan ribu anak perempuan putus sekolah.

Menurut angka PBB, dampak langsung dari gempa menempatkan setidaknya 350.000 kehamilan di Suriah dan Turki dalam risiko. Wanita di barat laut yang dikuasai oposisi juga sangat rentan. 

Sebagian besar dari 4 juta penduduk di wilayah itu melarikan diri setelah mengungsi dari daerah lain di Suriah.  Perawatan kesehatan sudah sangat terbatas dan bergantung pada bantuan asing. Sekarang, layanan medis non-darurat telah dihentikan untuk menangani gempa.

“Kami dapat merawat perempuan setelah trauma atau setelah melahirkan, tetapi mereka harus kembali ke lingkungan yang aman dengan tempat tinggal, nutrisi, dan air bersih yang minim.  Sayangnya, ini umumnya kurang (memadai) di wilayah barat laut (Suriah),” kata ketua Masyarakat Medis Amerika Suriah, Basel Termanini, yang memiliki puluhan fasilitas medis di barat laut.

Berita Lainnya:
PM Irlandia Yang Mendadak Mundur, Pernah Membuat Joe Biden Menangis

Sepanjang perang, Ayesha dan keluarganya berulang kali melarikan diri dari rumah mereka di Atareb ke daerah yang lebih aman. Mereka akan tinggal selama berbulan-bulan di pengasingan sampai mereka dapat kembali ke rumah.

Salah satu putra Ayesha terbunuh pada 2019. Ayesha kemudian merawat kedua anak dari putranya yang tewas itu. Ayesha mengatakan, selama 12 tahun perang, dia tidak pernah merasakan teror yang mengerikan seperti ketika gempa berkekuatan 7,8 skala ritcher melanda Suriah dan Turki pada 6 Februari.

“Dalam 12 tahun perang, kami tidak pernah merasakan teror dan rasa sakit seperti malam itu akibat gempa,” ujar Ayesha.

Ketika gempa melanda, Ayesha dan keluarganya berhasil keluar dari gedungnya karena sebagian dari bangunan itu runtuh.  Mereka berdiri di tengah hujan yang dingin dan deras, sambil memandangi kehancuran dengan rasa tak percaya.

Bangunan di sebelahnya benar-benar rata dengan tanah, sehingga menewaskan banyak orang di dalamnya termasuk seorang wanita yang baru saja kelahiran bayinya, bersama tujuh anaknya yang lain. Bahkan ibu dari wanita itu baru saja tiba beberapa jam sebelumnya.

Bangunan itu mati sekarang terletak di kuburan massal di ujung tanah pertanian. Pemilik kavling menyumbangkan tanah karena lahan pemakaman telah dipenuhi oleh korban gempa.

 

 

 

sumber : AP

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi