Rabu, 24/04/2024 - 09:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BOLABOLA NASIONAL

Pemerintah Intervensi PSSI? Ini Respon FIFA

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan posisinya sebagai Menteri BUMN bukan bentuk intervensi pemerintah terhadap federasi sepak bola nasional. ET, sapaan akrab Erick Thohir, mengeklaim FIFA justru mendukung terpilihnya dirinya sebagai Ketum PSSI periode 2023-2027.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

‘’Kalau ini intervensi, saya rasa, kemarin habis saya dipilih, FIFA langsung nge-banned,’’ kata Erick Thohir dalam sesi jumpa pers setelah dia bersama jajaran petinggi PSSI bertemu Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Tidak adanya sanksi atas hasil KLB PSSI 2023 menunjukkan bahwa FIFA merestui keputusan kongres tersebut. FIFA tidak menjatuhkan sanksi terhadap PSSI yang telah memilih Erick Thohir sebagai ketua umum lewat Kongres Luar Biasa (KLB) pada Kamis (16/2/2023). Begitu pula Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali, yang terpilih sebagai wakil ketua umum PSSI.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

FIFA, kata Erick, justru mendukung terpilihnya dua menteri Presiden Joko Widodo di jajaran pengurus PSSI. Presiden FIFA, Gianni Infantino, langsung mengirimkan surat sebagai bentuk dukungan terhadap Erick Thohir bersama jajaran petinggi PSSI.

ADVERTISEMENTS

‘’Kok malah dapat surat? Di dalam suratnya, Presiden FIFA itu secara pribadi. Ini kata-kata yang luar biasa, yang saya rasa pasti teman-teman Exco tidak pernah mendapat surat seperti itu. Biasanya hanya FIFA, tapi ini secara pribadi pun mendukung,’’ kata Erick.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Arsenal ke Singgasana, Arteta Puas Anak Asuhnya Redam Keangkeran Kandang Brighton

‘’Artinya apa, ini ada kedekatan moral bahwa kami semua yang ada di sini merupakan bagian dari sepak bola internasional,’’ ujarnya. ‘’FIFA mengharapkan perubahan itu, apalagi didukung oleh pemerintah.’’

Restu Jokowi

Presiden Joko Widodo juga tidak mempersoalkan kedua menterinya, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menpora Zainudin Amali, merangkap jabatan sebagai pengurus PSSI. Menurut dia, yang terpenting para menterinya tersebut bisa mengatur waktu.

“Yang paling penting, semuanya bisa mengatur waktunya,” ujar Jokowi di ICE BSD Tangerang, Jumat (17/2).

Jokowi pun mencontohkan jajaran menteri lainnya yang juga memiliki rangkap jabatan sebagai pengurus persatuan olahraga. Yakni di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Marinvest Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Karena kan kita juga tahu, Pak Basuki itu kan juga menjadi ketua dayung, bisa. Pak Airlangga jadi ketua wushu, bisa. Pak Luhut juga jadi ketua PASI, bisa. Pak Prabowo jadi ketua pencak silat, bisa,” ujar dia.

Jokowi menekankan, yang paling penting adalah manajemen waktu untuk mengatur organisasi yang dipimpin. Sehingga, masalah rangkap jabatan tak akan mengganggu kinerjanya sebagai menteri.

Berita Lainnya:
Ini yang Buat Pochettino Kesal kepada Para Pemain Chelsea

Dukungan FIFA

Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Gianni Infantino, pun memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027. Infantino menegaskan dukungan terhadap kepemimpinan Erick. 

“Terimalah salam dan ucapan selamat atas keberhasilan Anda terpilih sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI). Pengetahuan, kepemimpinan, ditambah semangat serta pengalaman Anda, tidak diragukan lagi dapat memberi dampak besar terhadap perkembangan olahraga indah ini di Indonesia,” tulis Infantino dalam surat resmi FIFA, Sabtu (18/2/2023).

Secara khusus, Infantino cukup yakin dengan potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam mengembangkan sepak bola. Karena itu, sosok asal Swiss itu siap memberikan dukungan besar kepada Erick untuk meningkatkan perkembangan sepak bola di Indonesia.

Pria yang menjabat orang nomor satu di organisasi induk sepak bola internasional itu pun tidak luput memberikan selamat kepada Wakil Ketua Umum dan Anggota Komite Eksekutif PSSI yang terpilih di Kongres Luar Biasa PSSI.  Infantino pun berharap, PSSI yang berada di bawah kendali Erick Thohir bisa mencapai kesuksesan dalam menjawab semua tantangan yang ada. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi