Sabtu, 20/04/2024 - 08:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Korban Gempa Tiba di Suriah

ADVERTISEMENTS

Petugas menyiapkan logistik bantuan yang akan dikirimkan untuk korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah berupa 140 ton bahan makanan dan logistik yang dibutuhkan korban gempa. Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Korban Gempa Tiba di Suriah

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk korban gempa bumi di Suriah telah tiba di Ibu Kota Damaskus pada Rabu (22/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Bantuan dengan total berat 75 ton itu diserahkan secara simbolis oleh Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana BNPB RI kepada Deputi Menteri Urusan Administrasi Lokal dan Lingkungan Suriah Moutaz Douaji.

ADVERTISEMENTS

Selain barang-barang kebutuhan senilai Rp 1,1 juta dolar AS (sekira Rp 16,7 miliar), bantuan juga diberikan dalam bentuk uang sebesar satu juta dolar AS (sekitar Rp 15,2 miliar).

Berita Lainnya:
Israel Bunuh Tiga Putra dan Dua Cucu Pemimpin Hamas

“Bantuan terdiri antara lain dari pakaian, pakaian dingin, tenda, tempat tidur darurat, makanan, dan generator listrik,” kata Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan tertulis, Kamis malam (23/2/2023).

Sebelumnya, pemerintah Suriah secara resmi menyampaikan nota diplomatik permohonan bantuan kepada pemerintah RI setelah gempa besar melanda negara itu. Pemerintah Suriah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah RI atas kepedulian Indonesia melalui penyaluran bantuan kemanusiaan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Suriah menyebut pemberian bantuan tersebut menunjukkan persaudaraan yang erat di antara kedua negara, walaupun secara geografis letaknya berjauhan. Direktur Timur Tengah Kemlu RI Bagus Hendraning Kobarsyih yang mengikuti penyerahan bantuan ke Damaskus, mengatakan bantuan itu sangat penting untuk mengisi dan memperkokoh hubungan bilateral, juga sebagai cerminan ekspresi dari kuatnya hubungan solidaritas kedua negara yang telah terjalin sejak awal kemerdekaan RI.

Berita Lainnya:
Presiden Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Konflik Iran-Israel

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meluncurkan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Turki dan Suriah di Bandara Halim Perdana Kusuma pada Selasa (21/2/2023). Gempa yang mengguncang utara Suriah merenggut lebih dari 5.000 nyawa. Sejauh ini, tidak ada WNI yang menjadi korban dalam bencana tersebut.

Duta Besar RI untuk Suriah Wajid Fauzi sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat Suriah di wilayah Latakia dan Aleppo. Dua pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut bantuan ke Suriah itu sudah tiba kembali di Jakarta pada 23 Februari 2023.

Pesawat tersebut juga dimanfaatkan untuk merepatriasi 27 WNI di Suriah, termasuk mereka yang terdampak gempa dan pekerja migran.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi