Kamis, 25/04/2024 - 15:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Setahun Perang Ukraina, Putin Bahas Upaya Tingkatkan Kekuatan Nuklir Rusia

ADVERTISEMENTS

 MOSKOW — Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia akan mempertahankan upaya peningkatan kekuatan nuklirnya. Hal itu disampaikan Putin dalam pidato untuk menandai hari peringatan Pembela Tanah Air pada Kamis (23/2/2023), dan sehari sebelum setahun invasi Rusia ke Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Komentar Putin mengikuti penangguhan perjanjian kontrol senjata nuklir bilateral dengan Amerika Serikat. “Seperti sebelumnya, kami akan meningkatkan kekuatan untuk memperkuat proses triad nuklir,” kata Putin, merujuk pada rudal nuklir yang berbasis di darat, laut, dan udara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Putin mengatakan bahwa untuk pertama kalinya, rudal balistik antarbenua Sarmat – senjata yang mampu membawa banyak hulu ledak nuklir – akan dikerahkan tahun ini. “Kami akan melanjutkan produksi massal sistem Kinzhal hipersonik berbasis udara dan akan memulai pasokan massal rudal hipersonik Zirkon berbasis laut,” kata Putin dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kremlin Kamis (23/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Rusia akan memulai latihan militer dengan Cina di Afrika Selatan pada Jumat, dan pihaknya telah mengirim fregat yang dilengkapi dengan rudal hipersonik. Menjelang peringatan setahun invasi ke Ukraina pada 24 Februari, Putin dan Presiden AS Joe Biden terlibat dalam perdebatan verbal, menyoroti ketegangan global antara negara adidaya.

ADVERTISEMENTS

Putin menangguhkan START Baru (Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis) dengan Amerika Serikat pada Selasa, menuduh AS mengubah perang menjadi konflik global dengan mempersenjatai Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dalam kunjungan mendadak ke Kiev pada Senin lalu, Biden mengatakan Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya membela demokrasi dan kebebasan di Ukraina. Di Warsawa pada hari Rabu, Biden memperingatkan penangguhan START adalah kesalahan besar. “Saya tidak membaca bahwa dia berpikir untuk menggunakan senjata nuklir atau semacamnya,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Pasukan Penjaga Perdamaian Rusia Mundur dari Karabakh

Seorang pejabat senior pertahanan Rusia mengatakan bahwa Moskow akan tetap berpegang pada batasan yang disepakati pada rudal nuklir dan terus memberi tahu Amerika Serikat tentang perubahan dalam penempatannya. Setelah bertemu dengan para pemimpin sayap timur NATO di Warsawa, Biden berjanji bahwa Amerika Serikat akan benar-benar mempertahankan setiap jengkal NATO, aliansi militer yang mencakup beberapa negara Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia.

Kremlin mengatakan Rusia menganggap NATO, akan segera memperluas keanggotaan untuk mencakup Swedia dan Finlandia. Itu akan menjadi ancaman nyata bagi Rusia.

Perang Ukraina, telah menjadi konflik perebutan wilayaj terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua. Konflik ini telah menelantarkan jutaan orang, meninggalkan kota-kota dan desa-desa Ukraina dalam reruntuhan dan mengganggu ekonomi global.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada hari Rabu mengecam invasi Rusia sebagai pelanggaran terhadap Piagam PBB dan hukum internasional dan menyerukan ancamannya tentang kemungkinan penggunaan senjata nuklir. Dalam dua pidato September lalu, Putin mengindikasikan bahwa dia akan, jika perlu, menggunakan senjata nuklir untuk membela Rusia.

“Kami telah mendengar ancaman implisit untuk menggunakan senjata nuklir. Apa yang disebut penggunaan senjata nuklir taktis sama sekali tidak dapat diterima. Ini adalah waktu yang tepat untuk mundur dari jurang,” kata Guterres.

 

Peran Cina

 

Pada hari Rabu, Putin menyambut diplomat top senior Cina, Wang Yi, yang berkunjung ke Kremlin, dan mengumumkan bahwa pemimpin Cina Xi Jinping akan mengunjungi Rusia, dengan mengatakan hubungan telah mencapai batas baru.

Xi diperkirakan akan menyampaikan pidato perdamaian pada hari Jumat (24/2/2023), tetapi Ukraina mengatakan tidak akan ada pembicaraan tentang perdamaian selama pasukan Rusia menduduki wilayah Ukraina.

Berita Lainnya:
Kedubes Iran: Israel Lakukan Pelanggaran Serius

Washington khawatir Beijing dapat memberikan dukungan material untuk perang Moskow di Ukraina. Kantor berita TASS mengutip Wang yang mengatakan Cina akan dengan tegas berpegang pada posisi objektif dan tidak memihak dan memainkan peran konstruktif dalam penyelesaian politik krisis.

Hubungan antara Cina dan Rusia, kata Wang melalui seorang penerjemah, tidak ditujukan kepada pihak ketiga mana pun, tetapi dalam sasaran yang jelas mengarah ke Amerika Serikat. Dia mengatakan negara-negara itu tidak akan menyerah pada tekanan dari pihak ketiga.

Rusia menguasai hampir seperlima dari Ukraina, setelah mengalami tiga kemunduran besar di medan perang tahun lalu dalam operasi militer khusus untuk melindungi keamanan Rusia. Ukraina dan sekutu Baratnya menggambarkan invasi itu sebagai perampasan tanah gaya kekaisaran.

Dalam beberapa minggu terakhir, Rusia melancarkan serangan di Ukraina timur, tetapi hanya memperoleh keuntungan kecil meskipun mengalami beberapa kerugian besar. Pasukan Ukraina memukul mundur 90 serangan Rusia di timur laut dan timur selama 24 jam terakhir, kata militer pada Kamis pagi.

Pasukan Rusia menyerang dekat Kupiansk di wilayah Kharkiv dan sekitar Lyman, Bakhmut, Adviika, dan Shakhtarsk di wilayah Donetsk, di mana, menurut militer Ukraina, Rusia sedang memusatkan upaya ofensifnya. “Di Avdiika, pasukan Rusia berpegang teguh pada taktik mereka mendorong di satu tempat, gagal maju dan kemudian membawa cadangan untuk mencoba di tempat lain,” kata analis militer Ukraina Oleh Zhdanov.

“Ini hanya mungkin karena jumlah pasukan yang dapat digunakan Rusia. Mereka tidak memperhatikan kerugian mereka. Idenya adalah untuk melemahkan posisi kita – dengan sedikit memperhatikan biaya yang dikeluarkan.” 

sumber : Reuters

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi