Jumat, 19/04/2024 - 14:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

WHO: 802 Layanan Kesehatan Terkena Serangan di Ukraina

ADVERTISEMENTS

File foto petugas pemadam kebakaran Ukraina bekerja di bangsal bersalin rumah sakit yang rusak di Vilniansk, wilayah Zaporizhzhia, Ukraina, Rabu, 23 November 2022. Sebuah roket Rusia menghantam sayap bersalin sebuah rumah sakit di Ukraina timur pada hari Rabu, menewaskan seorang bayi laki-laki yang baru lahir dan seorang dokter terluka parah. . (Foto AP/Kateryna Klochko)

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 WASHINGTON– Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengkonfirmasi pada Rabu (22/2/2023), bahwa setidaknya ada 802 serangan terhadap layanan kesehatan di Ukraina sejak awal perang. Serangan tersebut telah mengakibatkan 101 kematian tenaga kesehatan dan pasien.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ghebreyesus mengatakan, perang memperburuk kebutuhan kesehatan, termasuk untuk kesehatan mental dan dukungan psikososial, rehabilitasi, pengobatan penyakit kronis dan lainnya, seperti kanker, HIV, dan tuberkulosis. Banyak vaksinasi pun terganggu, seperti campak, polio, dan pneumonia hingga Covid-19.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
AS Menolak Bantu Israel Serang Balik Iran

“Kesenjangan ini berisiko bagi kesehatan saat ini dan di masa depan. WHO bekerja sama dengan mitra di Ukraina dan telah menjangkau 8,4 juta orang dengan intervensi kesehatan,” kata Ghebreyesus dikutip dari Anadolu Agency.

Pernyataan Ghebreyesus datang menjelang peringatan pertama serangan berskala penuh oleh Rusia pada 24 Februari ke Ukraina. Menurut laporan gridnews, 100 ribu atau lebih orang Ukraina meninggal dan terluka selama perang dengan Rusia. Sedangkan New York Times pada Februari 2023 menyatakan, jumlah tentara Rusia yang terbunuh dan terluka di Ukraina mendekati 200 ribu.

Berita Lainnya:
Samsung Next Cabut dari Israel

Perkiraan terbaru PBB tentang warga sipil yang terbunuh adalah lebih dari 7.000. Namun badan ini secara konsisten mencatat bahwa angka tersebut terlalu rendah, seperti perkiraan total korban yang terdiri dari kombinasi kematian dan cedera kemungkinan lebih dari 18 ribu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sedangkan total pengungsi Ukraina sekitar 14 juta jiwa. Ada lebih dari delapan juta pengungsi Ukraina saat ini dilaporkan di negara-negara Eropa. PBB menunjukkan lebih dari 18 juta orang Ukraina telah melintasi perbatasan sejak awal perang, tetapi jutaan telah kembali ke rumah, sebagian besar dari Polandia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi