Jumat, 19/04/2024 - 08:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Bolehkah Mengerjakan Lebih dari Satu Sholat dengan Tayamum?

ADVERTISEMENTS

Bolehkah Mengerjakan Lebih dari Satu Sholat dengan Tayamum?. Foto: Ilustrasi tayamum, ilustrasi tayamum di kendaraan, ilustrasi tayamum di pesawat

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA – Dibolehkannya tayamum dalam syariat sudah terang. Namun bagaimana hukumnya apabila mengerjakan lebih dari satu sholat dengan tayamum?

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ibnu Rusyd dalam kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid menjelaskan, jumhur ulama bersepakat bahwa perbuatan-perbuatan yang di dalamnya thaharah ini menjadi syarat sah. Adalah misalnya perbuatan wudhu, menyentuh mushaf, sholat, dan lain sebagainya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Terjebak Macet dan Lelah, Bolehkah tidak Puasa Saat Mudik Lebaran?

Namun mereka berselisih pendapat apakah dengantayamum boleh dikerjakan lebih dari satu shalat ataukah hanya boleh satu sholat saja?

Pendapat Imam Malik yang terkenal adalah bahwa dua sholat fardhu sama sekali tidak boleh dikerjakan dengan satu tayamum. Pendapatnya tentang dua shalat yang diqasha diperselisihkan.

Dan tentang dua sholat yang salah satunya fardhu dan lainnya sunnah, pendapat yang terkenal darinya adalah bahwa apabila yang fardhu didahulukan maka keduanya boleh dikumpulkan dan apabila yang sunnah didahulukan maka keduanya tidak boleh dikumpulkan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Ketahuilah Masjid Al Aqsa Bukan Cuma Dome of The Rock, Simak 7 Fakta Penting Ini

Sementara Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa beberapa sholat fardhu boleh dikerjakan dengan satu tayamum. Pokok perselisihan pendapat ini adalah: apakah tayamum wajib dikerjakan untuk setiap sholat, baik berdasarkan zahir ayat maupun berdasarkan kewajiban mengulangi pencarian, atau keduanya?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi